Sabtu, 20 Jan 2018 14:25 WIB

Creativepreneur Corner 2018

Sukses di Industri Kreatif ala 'Pengabdi Setan' Joko Anwar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Yogyakarta - Kesuksesan Joko Anwar tak diraihnya dengan cara mudah. Begitu banyak perjuangan yang dilakukan sang sutradara 'Pengabdi Setan' ini demi mewujudkan mimpinya.

Tumbuh dan kembang di daerah yang kondusif membuat Joko mencoba lari dari kehidupan dengan menonton film di bioskop. Dari situ timbul muncul cita-cita untuk jadi pembuat film.

"Gara-gara nonton film di bioskop jadi pingin jadi film maker dan ingin melihat tempat-tempat di berbagai dunia," kata sineas kenamaan ini saat berbicara di ajang Creativepreneur Corner 2018 di Yogyakarta, Sabtu (20/1/2018).

Sukses di Industri Kreatif ala Joko AnwarFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Berbagai jalan berliku dilalui Joko untuk mewujudkan cita-citanya itu. Tapi pria kelahiran Medan itu tak patah semangat dan lantas putar otak agar mimpinya tak pupus.

"Gue mau masuk sekolah film, tapi mahal, akhirnya masuk ITB yang ada kegiatan mahasiswa di bidang film. Gue jadi jurnalis biar bisa berhubungan dengan sineas," ungak Joko.

Perlahan mimpinya mulai jadi kenyataan. Diawali dengan penulis skenario hingga akhirnya dipercaya menyutradari film. Saat ini sudah banyak karya yang ditorehkannya.

Saksikan video 20detik untuk melihat keseruan Creativepreneur Corner 2018 di Jogja di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Dihadapan 1.750 cah Yogya yang mengikuti Creativepreneur Corner 2018, Joko Anwar membagikan sejumlah tips agar dapat berhasil.

1. Kreatif, jika kreatif akan bisa membuat karya yang unik. Jika bisa membuat karya yang unik, kita tidak akan tergantikan.

2. Sering mencari ide, untuk mendapat ide, Joko sering membaca berita. Dengan baca berita, otak kita mengambil sikap terhadap berita itu, setuju atau tidak. Dengan begitu kita melatih membuka pikiran sehingga memacu kreativitas.

3. Menolak membuat karya yang klise dan gampang

4. Belajar menerima advice

5. Mendengar saran dari orang. Tapi jangan dipakai semua, hanya yang cockk dengan kita saja.

6. Jangan instan

7. Berpikir seperti anak kecil
Jika berpikir seperti anak kecil, bisa menimbulkan ide macam-macam sampai yang tidak terpikirkan. Dan tidak takut dengan berbagai ide.

8. Membuat dengan hati
Duit menjadi godaan yang besar dalam industri kreatif. Kalau sudah tergoda akan sulit mengerjakan karya yang baik dengan hati. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed