Sabtu, 20 Jan 2018 10:02 WIB

Bos Apple Larang Keponakannya Main Facebook

Rachmatunnisa - detikInet
Tim Cook (Foto: Reuters) Tim Cook (Foto: Reuters)
Jakarta - Sudah banyak orangtua yang khawatir dampak kecanduan main media sosial (medsos) terhadap anak-anak. Bahkan CEO Apple Tim Cook pun merasakan kekhawatiran yang sama.

Berkecimpung di dunia teknologi justru membuatnya khawatir akan efek terlalu banyak menggunakan teknologi dan medsos secara umum. Dia mengaku melarang keponakannya bermain Facebook dan medsos lainnya. Hal ini diungkapkannya saat berbicara di hadapan siswa Harlow College, Inggris.

"Saya tidak percaya akan penggunaan teknologi secara berlebihan. Saya bukan orang yang setuju dengan pendapat, kita bisa sukses jika menggunakan teknologi sepanjang waktu.

Pemikiran ini sejalan dengan pendapat dua pemegang saham Apple yang baru-baru ini meminta pembesut iPhone tersebut berperan mengurangi ketergantungan teknologi di antara anak-anak muda. Apple kemudian meresponsnya dengan berjanji akan memperkenalkan lebih banyak kontrol orangtua pada bermacam produknya.

Cook, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (20/1/2018), mengungkapkan hal ini, khususnya terkait perhatiannya terhadap keluarganya sendiri.

"Saya tidak punya anak, tapi saya punya keponakan yang saya batasi untuk urusan ini. Ada beberapa hal yang saya tidak izinkan. Saya tidak ingin mereka main Facebook," ujarnya.

Keponakan Cook, segera beranjak dewasa. Sementara, usia minimal untuk bisa mengakses Facebook adalah 13 tahun. Namun nyatanya, banyak yang melanggar aturan ini. Beberapa studi menyebutkan, ada sekitar 7,5 juta pengguna Facebook berusia di bawah 13 tahun.

Perkataan Cook, lebih lanjut, menjadi pengingat bagi CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk lebih memperketat aturan di jejaring sosial miliknya. Baru-baru ini, Facebook juga mengambil langkah besar dengan merombak Facebook, meski dirinya harus mengalami kerugian.

Saksikan video 20detik untuk mengetahui alasan Tim Cook melarang keponakannya bermain Facebook di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed