Minggu, 14 Jan 2018 12:45 WIB

Dell Bikin Perhiasan dari Sampah Komputer

Rachmatunnisa - detikInet
Laptp Dell. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Laptp Dell. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Limbah komputer dilirik Dell sebagai peluang baru. Perusahaan asal Austin, Texas, Amerika Serikat ini mendaur ulang limbah bahan komputer menjadi perhiasan wanita yang bernilai tinggi.

Bekerjasama dengan aktris Nikki Reed, Dell meluncurkan lini perhiasan mewah eksklusif. Perhiasan yang akan dijual antara lain cincin emas, cuff link, hingga anting yang dibalut dengan emas 14 dan 18 karat.

"Proses daur ulang baru yang efisien, berhasil mendulang sejumlah material berlebih. Kami melakukan hal yang sedikit lebih menarik dengan materi emas yang didapat dari limbah ini, ketimbang hanya menimbunnya," kata Dell seperti dikutip detikINET dari Tech Crunch, Minggu (14/1/2018).

Dell menyebutkan, baru 12,5% dari limbah komputernya yang didaur ulang. Jika hampir semua limbah bisa didaur ulang, diperkirakan upaya ini bisa menyumbang pemasukan senilai USD 60 juta (sekitar Rp 801 miliar) dari material emas dan perak yang terbuang setiap tahunnya dalam bentuk komputer atau smartphone bekas.

Perhiasan hasil daur ulang limbah elektronik ini dijual Dell secara eksklusif melalui jalur online. Harganya berkisar antara USD 78 (Rp 1 jutaan) hingga USD 348 (Rp 4,6 juta). (rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed