Kamis, 11 Jan 2018 10:36 WIB

YouTube Resmi Jatuhkan Sanksi Berat untuk Logan Paul

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Logan Paul. Foto: Instagram Logan Paul. Foto: Instagram
Jakarta - YouTube resmi menjatuhkan sejumlah hukuman kepada Logan Paul, yang tingkah rusuhnya di Jepang membuat berang banyak orang. Apa saja?

Setelah sempat menulis keterangan untuk menindaklanjuti video kontroversial Logan Paul yang diunggahnya pada akhir 2017, YouTube akhirnya secara resmi memberikan sejumlah sanksi bagi YouTuber berusia 22 tahun tersebut.

Channel milik Logan akan dihilangkan dari Google Preferred, sebuah lini iklan premium dari YouTube yang berisi channel-channel paling populer. Hal ini berpotensi menurunkan pendapatan Logan walaupun ia masih dapat menghasilkan uang dengan sistem monetisasi biasa.

"Meskipun begitu, ia masih dapat menghasilkan uang melalui video-video yang diunggahnya lewat YouTube," ujar juru bicara Google, sebagaimana detikINET kutip dari The Guardian pada Kamis (11/1/2018).

Saksikan video 20detik untuk melihat seperti apa aksi rusuh Youtuber asal Amerika ini di sini:

[Gambas:Video 20detik]





Selain itu, proyek videonya yang bernama Originals pun akan dicekal oleh YouTube selama beberapa waktu. Ditambah, Logan juga tidak diikutsertakan dalam acara berjudul Foursome, yang kini sudah memasuki seri keempat.

Foursome sendiri merupakan serial yang ditayangkan melalui YouTube Red, sebuah layanan berlangganan bebas iklan yang hanya tersedia di beberapa negara. Jadi bisa dibilang, YouTube memutuskan hubungan bisnis dengan Logan.

Sanksi yang dijatuhkan oleh YouTube ini seakan menjadi jawaban konkret dari protes yang sempat dilontarkan oleh beberapa netizen.

Mereka menganggap bahwa surat terbuka yang dilayangkan YouTube melalui akun Twitternya terkesan mengambang dan tidak memiliki tindak lanjut yang jelas.



Logan belum angkat suara mengenai keputusan YouTube tersebut. Ia tidak lagi mengunggah video apa pun sejak 2 Januari lalu, setelah memposting permohonan maafnya melalui platform tersebut.

Ditambah, sehari setelahnya, Logan sempat memposting sebuah tweet yang menggambarkan bahwa dirinya sedang mengambil waktu untuk introspeksi. Seperti diketahui, video kontroversial Logan menunjukkan ia merekam orang bunuh diri di hutan Jepang, kemudian bertingkah rusuh di jalanan Tokyo.

Saksikan video 20detik untuk melihat aksi Logan dan kawan-kawannya menjadi Pokemon di Jepang di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed