Rabu, 10 Jan 2018 08:23 WIB

Lagi, Pekerja di Pabrik Pembuatan iPhone Bunuh Diri

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kasus karyawan Foxconn bunuh diri kembali bertambah. Kali ini seorang pekerja dilaporkan nekat mengakhiri hidupnya dengan melompat dari gedung tinggi di pabrik Foxconn yang berada di Zhengzhou, China.

Menurut laporan China Labor Watch (CLW) pekerja tersebut diketahui bernama Ming Li. Pria berusia 31 tahun ini terhitung baru bergabung dengan Foxconn. Berdasarkan data perusahaan, Li mulai bekerja di pabrik pembuatan iPhone itu sejak dua bulan lalu.

Sejauh ini tidak diketahui kenapa Li memutuskan untuk bunuh diri. Namun sejumlah pihak menyakini ini lantaran tekanan yang berat saat bekerja di Foxconn.

Memang bukan rahasia jika Foxconn begitu memeras karyawan untuk bekerja sekeras-kerasnya untuk memenuhi pesanan Apple. Sampai-sampai dalam beberapa kasus, karyawan Foxconn yang tak kuat malah memilih jalan bunuh diri.

Lagi, Pekerja di Pabrik Pembuatan iPhone Bunuh DiriFoto: Internet

Tercatat, kasus karyawan Foxconn bunuh diri terjadi sejak 2009. Kala itu seorang pekerja berusia 25 tahun loncat dari apartemen.

Hasil investigasi menunjukan bahwa pekerja tersebut telah menghilangkan prototype iPhone. Ini kemudian digunakan pihak keamanan Foxconn untuk menekan secara fisik dan verbal kepada pekerja tersebut.

Setahun kemudian kasus yang sama kembali terjadi. Sebanyak 14 pekerja bunuh diri di pabrik Foxconn yang belokasi di Shenzhen. Sejak saat itu, Foxconn mulai menempatkan jaring di sekitar fasilitas untuk mencegah pekerjanya lompat untuk mengakhiri hidupnya.

Namun itu tidak mengatasi masalah karena empat pekerjanya bunuh diri tak lama sesudahnya. Hingga kini kasus pekerjanya bunuh diri selalu membayangi Foxconn, demikian dilansir Wccftech, Rabu (10/1/2017) (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed