Selasa, 09 Jan 2018 09:48 WIB

Deretan Uang Digital Ini Ditambang dengan Jalan Kaki

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Saat sektor cryptocurrency atau mata uang digital tengah marak dilirik, beberapa pengembang melakukan inovasi dengan memasukan aspek olahraga ke dalamnya.

Beberapa pengembang di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menghadirkan sebuah layanan yang mampu menggabungkan antara hobi olahraga penggunanya dengan insentif berupa uang digital yang dapat dihasilkan dari usaha mereka dalam mengeluarkan keringat.

Para pengembang tersebut pun berasal dari berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat (Sweatcoin), Inggris (Bitwalking), hingga India (Fimo), sebagaimana dikumpulkan detikINET dari berbagai sumber, Selasa (9/1/2018).

Pada dasarnya, mereka menerapkan konsep yang sama, yaitu menghubungakan aplikasi mereka dengan fungsi GPS agar langkah kaki yang dihasilkan dapat dilacak dan dikonversi ke dalam bentuk uang digital. Meskipun begitu, ketiganya memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing.

Sweatcoin, misalnya. Aplikasi ini memiliki digital currency sendiri dengan nama yang sama. Uang tersebut dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat, gift card, hingga berbagai gadget secara langsung melalui aplikasi.

Setiap menyelesaikan seribu langkah (sekitar 800 m), maka user akan berhak mendapatkan satu Sweatcoin. Patut diingat, jumlah langkah hanya akan dihitung oleh aplikasi jika penggunanya berada di luar ruangan.

Sayangnya, Sweatcoin memerlukan aplikasi olahraga tambahan untuk menghitung langkah kaki pengguna, sehingga akan menghabiskan cukup banyak baterai. Untuk mengatasinya, mereka memiliki fitur battery saver mode untuk menghemat penggunaan baterai smartphone.

Bitwalking pun juga memiliki penghitungan sendiri dalam menentukan harga digital currency miliknya. 1 Bitwalking Dollar (BW$) setara dengan 10 ribu langkah, atau kira-kira berjalan sekitar 8 km.

Setelah berhasil mendapatkan uang digital tersebut, user pun diberi kebebasan untuk menggunakannya di berbagai e-commerce atau ditukar menjadi tunai.

Lain lagi dengan Fimo, yang merupakan kependekan dari Fitness Money. Aplikasi ini akan memberikan penggunanya 1 Fimo saat mereka berhasil membakar 24,5 kalori langkah-langkah yang dilakukannya.

Kemudian, uang tersebut akan dikumpulkan ke dalam sebuah sistem wallet yang dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang tersedia di marketplace milik Fimo.

Bagi Bitwalking dan Fimo, keduanya menghitung langkah kaki user secara independen tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Lain halnya dengan Sweatcoin yang belum tersedia di Tanah Air, dua aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Indonesia. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed