Kamis, 04 Jan 2018 11:19 WIB

CES 2018

Lyft Uji Mobil Otonom di Pesta Gadget Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Aplikasi Lyft (GettyImages) Foto: Aplikasi Lyft (GettyImages)
Jakarta - Lyft, penyedia ridesharing pesaing Uber, bekerja sama dengan Aptiv untuk menawarkan layanan taksi otonom di Las Vegas, Amerika Serikat, saat ajang CES 2018 digelar.

Layanan Lyft ini akan mengangkut penumpang dari Gold Lot di Las Vegas Convention Center pada 9-12 Januari. Mobil yang dipakai dalam percobaan ini adalah delapan unit BMW seri 5, yang dilengkapi teknologi mobil otonom dari Aptiv.

Uniknya, sebelum mobil berjalan, penumpang akan mendapat kuliah singkat soal pentingnya teknologi mobil otonom. Menurut Aptiv, mobil otonom akan punya dampak positif pada kehidupan manusia, baik secara individu maupun komunitas.

Aptiv sendiri adalah perusahaan penyedia teknologi mobil tanpa sopir, yang tahun lalu memisahkan diri dari perusahaan induknya, yaitu Delphi Automotive. Dibandingkan perusahaan lain, Aptiv bisa dibilang adalah anak baru di teknologi mobil otonom.

Meski begitu, mereka tetap berani mengambil risiko dengan menawarkan layanan di jalanan publik. Padahal biasanya, perusahaan lain yang datang ke CES hanya mendemonstrasikan teknologi mobil otonomnya di tempat parkir, di mana situasi jalanannya bisa diatur.

Pengujian di jalanan publik juga berarti akan banyak aspek lain yang membahayakan. Contohnya pejalan kaki dan mobil-mobil lain yang juga menggunakan jalanan tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (4/1/2018).

Untungnya, delapan unit BMW seri 5 itu tak akan benar-benar berjalan tanpa sopir, karena tetap ada orang yang berada di belakang setirnya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada keadaan yang tak bisa diantisipasi oleh mobil otonom tersebut.

Aptiv selama beberapa tahun sudah memetakan jalanan dan persimpangan di Las Vegas, termasuk mengumpulkan data kepadatan lalu lintas di kota tersebut. Jadi, mungkin ini yang membuat mereka pede menjalankan armadanya di jalanan publik. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed