Kecepatan Internet Dunia Melonjak, Bagaimana Indonesia?

Kecepatan Internet Dunia Melonjak, Bagaimana Indonesia?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 18 Des 2017 11:15 WIB
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ookla Speedtest kembali merilis laporan terkait kecepatan internet dunia. Tahun ini kecepatan internet global terus melonjak.

Dalam laporan bertajuk Speedtest Global Index, Ookla melakukan pengamatan dari November 2016 hingga November 2017. Sepanjang periode tersebut rata-rata kecepatan download mobile broadband global mencapai 20,28 Mbps, sementara upload 8,65 Mbps.

Ini artinya kecepatan download naik 30,1% dibanding tahun lalu, begitu pula upload yang naik 38,9%.

Ookla turut mencatat rata-rata kecepatan download fixed broadband global. Berdasarkan data yang mereka mereka peroleh, kecepatan download mencapai 40,11 Mbps. Sedangkan kecepatan upload tembus 19,96 Mbps.

Dibandingkan tahun lalu, kecepatan download fixed broadband meningkat 31,6%, sedangkan upload 25,9%. Data diatas juga menunjukkan bahwa kecepatan fixed broadband lebih ngebut 97,8% dibanding mobile broadband.
Kecepatan Internet Dunia Melonjak, Bagaimana Indonesia?Foto: istimewa

Sebanyak 119 negara melakukan peningkatan kecepatan mobile broadband di atas rata-rata global. Sayangnya sebanyak 134 negara yang punya kecepatan di bawah rata-rata global.

Untuk fixed broadband, hanya 71 negara yang punya kecepatan di atas rata-rata global. Sedangkan 185 punya kecepatan yang lebih lambat.

Laos, Vietnam, Trinidad/Tobago, Hong Kong dan Lebanon tercatat sebagai negara yang mengalami peningkatan kecepatan internet mobile. Sementara Guatemala, Ghana, Peru dan India tercata sebagai negara yang mengalami peningkatan kecepatan internet fixed broadband.

Norwegia tercatat sebagai negara yang punya kecepatan internet mobile terkencang dengan 62,66 Mbps. Sementara Singapura jadi negara dengan kecepatan internet fixed broadband paling ngebut dengan 158,85 Mbps.

Bila dikategorikan berdasar negara dengan populasi terbesar, Pakistan menduduki posisi teratas dalam hal peningkatan kecepatan download mobile broadband. Sementara India di posisi satu dalam peningkatan kecepatan download fixed broadband.

Lantas bagaimana Indonesia? Negara kita masuk urutan ketujuh dalam hal peningkatan kecepatan download mobile broadband. Sementara pada peningkatan kecepatan download fixed broadband, Indonesia berada di urutan kelima.

Namun secara keseluruhan posisi Indonesia masih di bawah. Untuk kecepatan rata-rata download mobile, Indonesia ada di urutan ke 106 dengan angka 9,73 Mbps. Sedangkan untuk fixed broadband, kecepatan rata-rata Indonesia ada di urutan 93 dengan 13,38 Mbps. (afr/fyk)