Minggu, 17 Des 2017 09:02 WIB

d'Youthizen Vivo

'Bukan Cuma Jadi Kreatif, Bermanfaatlah untuk Orang Lain' 

Rachmatunnisa - detikInet
Socialpreneur Rene Suhandono saat berbicara di acara dYouthizen Vivo. Foto: Rachmatunnisa/detikINET Socialpreneur Rene Suhandono saat berbicara di acara d'Youthizen Vivo. Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Surabaya - Memahami passion dengan benar serta tujuan yang jelas, akan membuat seseorang mencapai produktivitas dan performance optimalnya. Demikian pesan yang disampaikan socialpreneur Rene Suhandono.

Di hadapan sekitar tiga ratusan peserta d'Youthizen Surabaya bersama Vivo, Rene mengingatkan anak-anak muda pentingnya menyelami makna setiap kata, termasuk passion, agar seseorang tahu apa yang ingin dijalankannya.

Passion berarti rasa suka atau antusiasme yang kuat terhadap suatu hal atau kegiatan. Namun sekarang ini, passion lebih sering dikaitkan dengan pekerjaan dan karir.

"Passion is not what you're good at, but what you enjoy the most. Jujurlah dengan passion kalian sehingga kalian melakukan sesuatu dengan optimal, kreatif dan bermanfaat bagi orang lain," kata Rene berbicara di panggung d'Youthizen di Dyandra Convention Center Surabaya.

'Bukan Cuma Jadi Kreatif, Bermanfaatlah untuk Orang Lain' Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Rene mencontohkan, bisa jadi ada orang yang pintar matematika, tapi sebenarnya dia lebih menikmati bermain musik. Dengan bermain musik dia merasa bisa berkontribusi untuk orang lain sekaligus membuat dirinya bahagia. Seperti itulah yang dinamakan passion.

Rene juga mengingatkan bahwa membuat sebuah karya bukan untuk jago-jagoan, melainkan bisa dinikmati oleh orang lain. Dia pun memberikan sejumlah tips untuk anak-anak muda yang mau buat kreasi keren.

"Perlu diingat, motivasi dan inspirasi. Yang bertanggung jawab pada motivasi itu diri kita sendiri. Insipirasi, berasal dari akar kata inspirare, artinya to breathe, bernafas. Jadi selama Anda bernafas Anda punya kesempatan menjadi lebih baik," kata Rene.

'Bukan Cuma Jadi Kreatif, Bermanfaatlah untuk Orang Lain' Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Sebagai penutup, Rene merangkumnya dalam pemahaman pentingnya bekerja sesuai passion. Jika seseorang sekadar bekerja, dia akan terpaku pada rutinitas dan malas menciptakan inovasi dan hal-hal kreatif berkaitan dengan pekerjaannya.

Sebaliknya, jika semua orang bisa bekerja sesuai passion, akan ada banyak kreasi bermanfaat dari setiap individu yang nantinya terakumulasi pada lingkup masyarakat luas.

"Fokus lah untuk menjadi berguna, bukan sekadar berlomba menjadi kreatif. Gak perlu susah-susah memikirkan mau buat sesuatu yang baru. Yang penting menjadi diri lebih bermanfaat untuk orang lain," tutup Rene.

(rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed