Kamis, 14 Des 2017 07:58 WIB

Kaleidoskop

2017, Netizen Indonesia Kepincut Jadi Selebgram dan YouTuber

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah/detikcom Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah/detikcom
Jakarta - Ada yang menarik sepanjang tahun ini, yakni mengenai keinginan netizen Indonesia. Hal yang berbau teknologi menjadi incaran mereka untuk mencari informasi di mesin pencarian Google.

Selebgram berada di posisi teratas berdasarkan penelusuran populer untuk kategori 'Cara Menjadi...' di Year in Search 2017 yang baru dirilis Google Indonesia. Bahkan, minat berprofesi sebagai selebgram ini memperlihatkan grafik yang cukup tinggi sepanjang 2017.

Bila dilihat dari per wilayahnya, bukan Jakarta ataupun Pulau Jawa sumber meningkatnya minat jadi selebgram tersebut. Melainkan Sulawesi Tenggara yang paling unggul, menyusul di belakangnya ada Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Riau, Jambi, Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Barat.

2017, Netizen Indonesia Kepincut Jadi Selebgram dan YouTuber


Kemudian untuk kategori 'Cara Menjadi...' lainnya diisi dengan hal berkaitan dengan YouTuber, Blogger, Driver Go-Jek, Pengusaha Sukses, Agen Bukalapak, Reseller Online Shop, Driver Grab, Penjual Lazada, dan Muser.

Kategori di atas adalah salah satu kategori yang dipaparkan mengenai topik terpopuler di Google untuk wilayah Indonesia sepanjang tahun ini. Selain itu, ada kategori penelusuran terpopuler, peristiwa nasional, peristiwa internasional, tokoh, selebriti, lagu, apa itu..., dan resep.

2017, Netizen Indonesia Kepincut Jadi Selebgram dan YouTuber


Google menerapkan dua kriteria untuk menentukan topik terpopuler di mesin pencariannya. Pertama, kata pencarian yang dapat menimbulkan lonjakan dalam waktu singkat. Kedua, kata pencarian yang konsisten dilakukan oleh netizen. Untuk Year in Search, Google mengambil datanya sepanjang Januari sampai awal Desember. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Senin, 24 Sep 2018 14:29 WIB
    Game Spider-man sedang memikat para pemilik PS4 di seluruh dunia. Realistisnya game itu dapat apresiasi besar, termasuk ketika memunculkan momen bukan muhrim.
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.