Rabu, 13 Des 2017 16:34 WIB

Kaleidoskop

Surat Cinta untuk Starla Kalahkan Pengabdi Setan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Sebagai bagian dari tradisi menjelang akhir tahun, Google mengumumkan topik yang paling banyak dicari di layanan pencarian miliknya.

Bertajuk Year in Search, Google Indonesia mengumumkan penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017. Pencarian 'Surat Cinta Untuk Carla' bertengger di urutan teratas.

Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen mengatakan, penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017 makin menunjukkan bahwa netizen lebih penasaran terhadap konten lokal.

"Perbedaan Year in Search di Indonesia dengan pencarian negara lain, Indonesia saat ini didominasi oleh konten lokal," ujar Tony di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Surat Cinta untuk Carla Kalahkan Pengabdi Setan Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)


Setelah Surat Cinta Untuk Starla, pencarian populer lainnya secara berurutan ditempati oleh Pengabdi Setan, Setya Novanto, Pilkada DKI, SEA Games, Jokowi Mantu, Ayam Geprek, Raja Salman, Sidang Ahok, dan Om Telolet Om.

"Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli Indonesia. Dengan semakin banyak orang mengenal internet, kita akan banyak melihat banyak konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan dari seluruh Indonesia, dan Google akan mendukungnya," tuturnya.

Daftar penelusuran populer di Google ini dilihat dari trafik kata kunci sepanjang 2017, mulai Januari hingga awal Desember. Tak hanya soal viral, tetapi juga konsistensi sebuah topik di tiap bulan juga menjadi faktor penentu menjadi penelusuran populer.

Surat Cinta untuk Carla Kalahkan Pengabdi Setan (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)


"Makanya nggak ada kan Despacito di topik yang dicari. Kalau Surat Cinta untuk Starla ini karena konsisten dari awal tahun sampai sekarang, mulai dari lirik lagu dan itu juga mau diangkat ke layar lebar, itu menjadi penentu juga," ucap Putri Silalahi, Product Communications Lead Google. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed