Kamis, 07 Des 2017 08:22 WIB

Bos Apple dan Google Barengan ke China, Ada Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sundar Pichai di China. Foto: Reuters Sundar Pichai di China. Foto: Reuters
Beijing - CEO Apple Tim Cook dan CEO Google Sundar Pichai mendadak muncul sebagai tamu kejutan dalam sebuah konferensi bernama World Internet Conference di China.

Konferensi yang bertujuan mempromosikan jaringan internet ala China ini diadakan setahun sekali. Dan ini adalah pertama kalinya ada eksekutif dari perusahaan teknologi dari Silicon Valley, Amerika Serikat, hadir dan memberikan pidatonya.

Dalam pidatonya, Cook mengungkap kalau pengembang aplikasi meraup pemasukan sebesar USD 16,9 miliar dari App Store di China, atau sekitar seperempat dari pemasukan secara global.

Menurut Cook, tema konferensi ini -- pengembangan ekonomi digital untuk keterbukaan -- sejalan dengan pandangan Apple. Namun ironisnya, menurut Cook, Apple dipaksa untuk menghapus aplikasi VPN dari dalam App Store-nya.

Pichai pun tak mau kalah, menurutnya Google masih relevan bagi bisnis di China, sekalipun mereka harus angkat kaki dari Negeri Tirai Bambu itu pada 2010 terkait perintah untuk menyensor video di YouTube dan mesin pencarinya.

Sebagai pengganti Google, netizen di China menggunakan layanan lain yang sejenis seperti Youku untuk streaming video dan Baidu untuk mesin pencari, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (7/12/2017).

"Banyak yang dilakukan Google untuk membantu perusahaan China. Ada banyak bisnis kecil dan menengah di China yang mendapat keuntungan dari Google untuk membawa produknya ke banyak negara lain di luar China," ujar Pichai di konferensi tersebut. (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed