Rabu, 06 Des 2017 16:04 WIB

Soal Fitur Baru Instagram: Stories Highlights dan Stories Archive

Josina - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Instagram kembali menghadirkan fitur baru di Stories. Ada dua fitur sekaligus yang diusung untuk pengguna yang gemar membagikan update video singkat, yakni Stories Highlights dan Stories Archive.

"Hari ini kami memperkenalkan dua fitur baru yang memungkinkan Anda berpegang pada momen favorit Anda dari Instagram Stories dan membaginya untuk membantu Anda dalam mengekspresikan diri." tulis Instagram dalam blog resminya, seperti dikutip detikiNET, Rabu (6/12/2017).

Dengan melakukan update Instagram versi 25, pengguna Android dan iOS sudah bisa mencicipi fitur tersebut. Setelah di-update, maka ada yang baru di tampilan pada halaman profil.

Ya, tampilan baru tersebut adalah fitur Stories Highlights, dengan fitur ini pengguna bisa merangkum beberapa video lalu dijadikan dalam satu cuplikan. Penempatan fitur ini berada di tengah-tengah antara bawah kolom profil dan postingan foto. Tampilannya sama seperti Instagram Stories di halaman utama dengan bentuk lingkaran.

Berbeda dengan Instagram Stories, Stories Highlights bisa lebih lama tampil di halaman profil pengguna hingga lebih dari 24 jam selama pengguna menginginkan video tersebut ditampilkan.

Foto: Instagram


Cara bermainnya pun mudah, masuk ke halaman profil lalu klik ikon tanda tambah di posisi kiri, kemudian pilih beberapa video Stories. Setelah itu pengguna diharuskan memberikan nama pada Stories Highlights dan memilih cover yang ingin ditampilkan.

Stories Highlights akan tampil sebagai lingkaran di profil dan akan diputar setelah diklik mirip sama seperti Instagram Stories. Jika ingin mengedit atau menghapus cukup tekan lama Stories tersebut maka muncul pilihan yang dikehendaki.

Jadi, dengan fitur ini pengguna bisa menyimpan Stories favorit dan tetap menayangkannya di halaman profil dengan waktu tanpa batas. Stories Highlihgts pun bisa dilihat oleh akun Instagram lainnya.

Selain itu, kita juga akan melihat kumpulan Instagram Stories yang sudah di-posting, karena setelah kurun waktu 24 jam video pendek tersebut akan otomatis tersimpan di fitur Stories Archive. Namun jika ingin menyimpannya ke dalam ponsel, kita bisa mengunduhnya secara manual.

Foto: Instagram


Caranya, dengan mengetuk ikon Archive yang terletak di bagian atas maka akan muncul sebagai daftar dengan Stories terbaru pada bagian paling bawah daftar tersebut berdasarkan tanggal postingan. (jsn/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed