Rabu, 06 Des 2017 16:04 WIB

Soal Fitur Baru Instagram: Stories Highlights dan Stories Archive

Josina - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Instagram kembali menghadirkan fitur baru di Stories. Ada dua fitur sekaligus yang diusung untuk pengguna yang gemar membagikan update video singkat, yakni Stories Highlights dan Stories Archive.

"Hari ini kami memperkenalkan dua fitur baru yang memungkinkan Anda berpegang pada momen favorit Anda dari Instagram Stories dan membaginya untuk membantu Anda dalam mengekspresikan diri." tulis Instagram dalam blog resminya, seperti dikutip detikiNET, Rabu (6/12/2017).

Dengan melakukan update Instagram versi 25, pengguna Android dan iOS sudah bisa mencicipi fitur tersebut. Setelah di-update, maka ada yang baru di tampilan pada halaman profil.

Ya, tampilan baru tersebut adalah fitur Stories Highlights, dengan fitur ini pengguna bisa merangkum beberapa video lalu dijadikan dalam satu cuplikan. Penempatan fitur ini berada di tengah-tengah antara bawah kolom profil dan postingan foto. Tampilannya sama seperti Instagram Stories di halaman utama dengan bentuk lingkaran.

Berbeda dengan Instagram Stories, Stories Highlights bisa lebih lama tampil di halaman profil pengguna hingga lebih dari 24 jam selama pengguna menginginkan video tersebut ditampilkan.

Foto: Instagram


Cara bermainnya pun mudah, masuk ke halaman profil lalu klik ikon tanda tambah di posisi kiri, kemudian pilih beberapa video Stories. Setelah itu pengguna diharuskan memberikan nama pada Stories Highlights dan memilih cover yang ingin ditampilkan.

Stories Highlights akan tampil sebagai lingkaran di profil dan akan diputar setelah diklik mirip sama seperti Instagram Stories. Jika ingin mengedit atau menghapus cukup tekan lama Stories tersebut maka muncul pilihan yang dikehendaki.

Jadi, dengan fitur ini pengguna bisa menyimpan Stories favorit dan tetap menayangkannya di halaman profil dengan waktu tanpa batas. Stories Highlihgts pun bisa dilihat oleh akun Instagram lainnya.

Selain itu, kita juga akan melihat kumpulan Instagram Stories yang sudah di-posting, karena setelah kurun waktu 24 jam video pendek tersebut akan otomatis tersimpan di fitur Stories Archive. Namun jika ingin menyimpannya ke dalam ponsel, kita bisa mengunduhnya secara manual.

Foto: Instagram


Caranya, dengan mengetuk ikon Archive yang terletak di bagian atas maka akan muncul sebagai daftar dengan Stories terbaru pada bagian paling bawah daftar tersebut berdasarkan tanggal postingan. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..