Selasa, 05 Des 2017 11:09 WIB

Misteri Besar Belum Terkuak: Siapa Pencipta Bitcoin?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Bitcoin. Foto: Getty Images Bitcoin. Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
Jakarta - Bitcoin, mata uang digital yang menjadi mata uang favorit para dedemit maya sedang naik daun dan nilainya sempat tembus USD 11 ribu. Namun siapa pencipta bitcoin sampai detik ini, belum juga terungkap identitasnya walau sudah banyak perburuan dilakukan.

Pada tahun 2015, rumah seseorang yang diduga sebagai pencipta bitcoin digeruduk kepolisian federal Australia. Rumah tersebut ditempati seorang pebisnis Australia bernama Craig Steven Wright, yang namanya mendadak naik daun setelah diberitakan Wired dan Gizmodo. Dua media itu menyebut Wright adalah identitas asli Satoshi Nakamoto, nama pencipta bitcoin.

Identitas asli Nakamoto sebelumnya sangat misterius sejak bitcoin pertama dirilis pada tahun 2009. Namun seiring dengan meningkatnya nilai mata uang bitcoin, keingintahuan banyak pihak mengenai identitas asli penciptanya pun terus meningkat.

Nama Wright pertama dicetuskan oleh Wired, yang menyebut bahwa mereka punya banyak bukti kuat yang mengkaitkan antara Wright dan seorang bernama David Kleiman dengan Nakamoto.

Hal yang sama juga ditulis oleh Gizmodo, yang menemukan bukti serupa. Pada awal November 2015, Gizmodo menerima sejumlah email anonim dari dari seseorang yang mengklaim mengetahui identitas Satoshi Nakamoto dan mengaku bahwa ia adalah pegawai dari si pencipta bitcoin tersebut.

"Saya meretas Satoshi Nakamoto. Ini adalah file yang berasal dari akun bisnis miliknya. Dan orang itu adalah Dr Craig Wright," tulisnya dalam email tersebut, yang disertai dengan sejumlah file yang sepertinya diambil langsung dari akun Outlook milik Craig Wright.

Wright sendiri adalah seorang warga negara Australia, ahli engineering komputer, dosen, wiraswasta, dan seorang yang mempunyai banyak gelar akademik serta banyak perusahaan yang terhubung dengan namanya.

Ia pada tahun 2014 sempat mempublikasikan rencananya untuk membuat bank bitcoin pertama yang ada di dunia. Di laman LinkedIn-nya tertera bahwa Wright adalah CEO dari DeMorgan Ltd, sebuah perusahaan yang berfokus pada mata uang alternatif.

Lalu juga muncul juga nama David Kleiman, yang terkait dengan Wright. Ia adalah seorang pensiunan tentara AS, yang tinggal di Florida. Kleiman menjadi seorang ahli komputer forensik sejak tahun 1995, setelah ia mengalami kecelakaan motor, yang juga membuatnya harus menggunakan kursi roda.

Kleiman disebut mempunyai simpanan dana bitcoin yang nilainya mencapai ratusan juta dollar Amerika. Ia juga terlihat terlibat sangat dalam dengan mata uang tersebut, juga dengan rencana-rencana Wright.

"Craig, aku pikir kamu gila dan ini sangat beresiko. Namun aku percaya pada apa yang kita coba lakukan," tulis Kleiman dalam sebuah email kepada Wright.

Wright sendiri sebenarnya pernah berbicara di depan publik pada Oktober 2015 dalam sebuah diskusi panel bersama sejumlah ahli bitcoin. "Aku punya beberapa gelar, aku punya gelar di bidang hukum, statistik, dan beberapa gelar doktor," ujarnya.

Ketika ditanya soal keterkaitannya dengan bitcoin, ia hanya menjawab, "uhh, aku telah terlibat di semua ini untuk waktu yang sangat lama, aku mencoba dan bertahan, dan aku tetap berusaha agar tak terlihat oleh publik," tandas Wright.

Memang, ucapannya itu tak dengan jelas menyebut bahwa ia adalah pencipta bitcoin. Namun dalam sebuah dokumen ia tercatat pernah mengirim email ke tiga orang temannya menggunakan alamat email satoshi@vistomail.com.

Wright mengirimkan email tersebut ke seorang senator Australia bernama Arthur Sinodinos mencoba mempersuasi senator itu mengenai regulasi mata uang bitcoin. Email tersebut ditandatangani oleh Satoshi Nakamoto, namun mencantumkan nomor telepon milik Wright. Lalu ada juga email balasan dari seorang bernama Andrew Sommer, seorang pengacara asal Sydney, Australia, yang merupakan pengacara dari Wright.

Nah, alamat email satoshi@vistomail tersebut rupanya sering digunakan oleh Nakamoto pada saat bitcoin baru dirilis. Nakamoto menggunakan email tersebut untuk berkomunikasi dengan para pengguna bitcoin dan developer.

Beberapa jam setelah laporan itu dipublikasikan, kepolisian federal Australia langsung menggerebek rumah milik Craig Wright tersebut. Kepolisian menyebut penggerebekan tak terkait masalah bitcoin, melainkan sebuah investigasi pajak terhadap Craig Wright. Dan akhirnya sampai sekarang, belum ada bukti mantap kalau Wright adalah Satoshi Nakamoto.

Pada tahun 2014 lalu ada seorang bernama Dorian Nakamoto yang dituduh oleh Newsweek sebagai pencipta bitcoin. Namun tuduhan tersebut tak terbukti, dan Dorian mengeluarkan hak jawabnya dengan menyebut bahwa ia bukanlah pencipta bitcoin.

Nah yang terbaru, nama Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, muncul ke permukaan sebagai pencipta bitcoin. Mantan karyawan magang Tesla, Sahil Gupta melalui blog memaparkan Bitcoin pertama pada 2008 dibuat oleh seseorang dengan ciri-ciri berikut: memiliki pemahaman mendalam mengenai bidang ekonomi dan kriptografi.

Gupta menyebutkan, kedua ciri ini dimiliki Musk. Selain itu, bos Tesla dan SpaceX ini juga menguasai bahasa coding C++ yang digunakan untuk menciptakan Bitcoin.

"Tidak benar. Seorang teman pernah mengirimkan Bitcoin beberapa tahun lalu, tapi saya lupa di mana Bitcoin-nya," kata Musk menanggapi rumor tersebut, melalui akun Twitter miliknya belum lama ini. (asj/fyk)
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed