Jumat, 24 Nov 2017 10:01 WIB

Setelah WhatsApp, Giliran Skype Dicekal China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Layanan pengiriman pesan dan video call Skype jadi korban terbaru program Great Firewall yang digaungkan oleh pemerintah China, yaitu dihapus dari Apple App Store di China. Menyusul layanan sebelumnya yang telah diblokir.

Sudah hampir sebulan aplikasi dari layanan milik Microsoft itu menghilang dari App Store dan beberapa toko aplikasi lain milik Huawei dan Xiaomi. Penghapusan Skype itu dilakukan karena adanya pelanggaran terhadap aturan di China soal layanan VoIP.

"Kami diberitahu oleh Kementerian keamanan Publik soal keberadaan sejumlah aplikasi voice over internet protocol yang tak mengikuti terhadap aturan lokal. Karena itulah aplikasi-aplikasi ini harus dihapus dari App Store di China," ujar juru bicara Apple.

Sementara pihak Microsoft mengaku kalau aplikasi terebut saat ini hanya dihapus untuk sementara. Meski aplikasinya dihapus, layanan Skype disebut masih bisa digunakan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

"Kami tengah berusaha untuk mengembalikan aplikasi tersebut secepat mungkin," ujar juru bicara Microsoft.

Penghapusan Skype ini terjadi hanya beberapa bulan setelah pemerintah China memblokir WhatsApp, melengkapi sejumlah layanan lain yang sebelumnya sudah diblokir, seperti Gmail, Facebook, Instagram dan Twitter. Demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (24/11/2017).

Saksikan video Skype Dicekal di China di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Tonton juga video lainnya di 20detik! (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed