Rabu, 22 Nov 2017 12:59 WIB

Tak Cuma Jack Ma, Zuckerberg Jadi Korban 'Keganasan' Tencent

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ma Huateng, pendiri Tencent. Foto: Reuters Ma Huateng, pendiri Tencent. Foto: Reuters
Jakarta - Nilai saham perusahaan internet China, Tencent, terus meroket. 'Korban' pun berjatuhan akibat keganasan Tencent.

Jack Ma, tidak lagi orang terkaya China karena telah disalip pendiri Tencent, Ma Huateng. Dan Mark Zuckerberg ikutan kena getah, valuasi Facebook ciptaannya mendadak disalip Tencent.

Dikutip detikINET dari CNBC, Tencent menjadi perusahaan Asia pertama yang valuasinya berhasil menembus USD 500 miliar. Harga sahamnya mencetak rekor tertinggi pada Selasa waktu Hong Kong dengan kapitalisasi pasar USD 534,5 miliar.

Jumlah itu sudah cukup untuk menyalip kapitalisasi pasar Facebook senilai USD 519 miliar. Dan mendekati Amazon dengan USD 542,7 miliar.

Hanya Apple, Alphabet, Microsoft dan Amazon yang nilainya lebih tinggi dari Tencent. Harga saham perusahaan pembesut WeChat itu meroket setelah profitnya pada kuartal III 2017 mengalami kenaikan 69%.

Bisnis Tencent terutama besar di China dan belum begitu dikenal di ranah global. Divisi online dan game mobile menjadi sumber utama pendapatan mereka dengan pendapatan USD 4 miliar.

Kesuksesan Tencent membuat pendiri dan sang CEO Ma Huateng kini manusia terkaya di China dan Asia. Harta terakhirnya menurut perhitungan real time Forbes sebesar USD 47,7 miliar. (fyk/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed