Selasa, 21 Nov 2017 10:37 WIB

Aplikasi Jawara Telkomsel The NextDev 2017 Dapat '7M'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Dirut Telkomsel memberi pernghargaan pada pemenang. Foto: Telkomsel Dirut Telkomsel memberi pernghargaan pada pemenang. Foto: Telkomsel
Jakarta - Cekmata, Squline, Karapan, dan Marlin Booking terpilih menjadi aplikasi terbaik setelah menyisihkan peserta top20. Mereka berhasil memenangkan kompetisi Telkomsel The NextDev 2017 berdasarkan kategori masing-masing.

Kompetisi yang digelar sejak Juli 2017 diikuti 1.800 orang, lebih banyak dari tahun lalu yang mencapai 1.400 orang. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan The NextDev 2017 merupakan bentuk komitmen Telkomsel, yang tak hanya memberi layanan tetapi juga manfaat kepada masyarakat.

"Karena itu kemudian hadir The NextDev. Ini sejalan dengan perkembangan di masyarakat bahwa semakin banyak, khususnya anak muda yang tertarik untuk membuat teknologi aplikasi untuk memecahkan berbagai masalah di dalam masyarakat kita," ujar Ririek di Crowning & Inauguration Night The NextDev 2017 di Gedung Soehanna Hall, Jakarta, Selasa malam (20/11/2017).

Sebelumnya, Telkomsel beserta para juri telah menyaring peserta The NextDev 2017 menjadi top20 di masing-masing kategori, yaitu bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi.
Foto: Telkomsel

Sebagai persiapan menghadapi penjurian akhir, 20 finalis mengikuti mini bootcamp. Pada pelatihan singkat dan intensif ini, mereka mendapat materi Public Speaking, Startups Financing, dan Character Building for Startup Success yang difasilitasi praktisi terkait yaitu Yosanova (Assistant Vice President Mark Plus), Dheta Aisyah (Chief Business Development Officer Binar Academy) dan Danu Wicaksana (CEO TCash).

Tahap selanjutnya, 20 finalis itu dipilih jadi delapan finalis, di mana itu dua finalis mengisi masing-masing kategori. Kedelapan finalis yang terpilih ini kemudian melakukan 'Startup Battle Challenge', untuk menentukan pemenang utama dari setiap kategori.

Irfan Tachrir (Direktur HCM Telkomsel), Semuel Abrijani Pangerepan (Dirjen Aptika Kementerian Kominfo), Ariff Kamal (Associate SEO Director GroupM), Dayu Dara (Vice President GO-JEK), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), dan Alamanda Shantika (Co-Founder Binar) adi juri pada startup battle challenge. Akhirnya, penilaian juri memutuskan Cekmata (kesehatan), Squline (pendidikan), Karapan (agrikultur), dan Marlin Booking (transportasi) keluar sebagai jawarannya.

Keempat aplikasi terbaik The NextDev 2017 ini mendapatkan hadiah utama berupa 7M, yaitu (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), dan bersama dengan finalis lainnya akan mengikuti pelatihan lanjutan dari Telkomsel dalam program The NextDev Academy.

Disebutkan program itu akan mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup. Dengan partisipasi dalam akademi ini, finalis The NextDev berkesempatan meningkatkan skalabilitas social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan di bidang research and customer development, design sprint, branding, product development, serta business model and bootstrapping.

Cekmata, salah satu juara The NextDev 2017, mengungkapkan ke depannya ingin memperkuat lagi aplikasi besutannya, seperti mengenai bisnis model. Sebagai informasi, Cekmata adalah aplikasi berbasis machine learning yang bisa mendeteksi apakah mata seseorang ada katarak atau tidak.

"Kami sangat bersyukur dan bangga diberi kepercayaan oleh juri yang memandang ide kami atau bisnis startup yang dijalankan punya prospek, dampak terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan ke depan. Hadiah 7M termasuk market access dan mentoring, membuat kami dapat mengembangkan startup kami lebih cepat," tutur CEO Cekmata Caesa L. Givanni.

Saksikan video 20detik untuk melihat pemenang kompetisi Telkomsel The NextDev 2017 di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed