Rabu, 15 Nov 2017 12:05 WIB

Ribuan Sekolah di Garis Terdepan Indonesia Fakir Internet

Rois Jajeli - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Surabaya - Jumlah sekolah di garis terluar atau garis terdepan wilayah Indonesia mencapai belasan ribu. Dan masih cukup banyak yang belum terjangku internet walau perlahan mulai berkurang.

"Pastilah kita terima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, yang telah memiliki kepedulian yang sangat tinggi di sekolah-sekolah di wilayah terluar, tertinggal dan terpencil, yang sekarang mendapatkan bantuan berupa fasilitas internet yang cukup besar," kata Mendikbud Muhajir Effendy kepada wartawan usai menghadiri pembukaan pelatihan Peningkatan kompetensi TIK guru 'Sekolah Garis Depan' di Hotel JW Marriott, Surabaya, Selasa (14/11/2017) malam.

Muhajir menerangkan, ada sekitar 11 ribu sekolah yang berada di wilayah garis depan atau di garis terluar Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.313 sekolah sudah mendapatkan akses internet dari Kemenkominfo.

"Dari 11 ribu sekolah, ada sekitar 1.313 sekolah yang sudah mendapatkan akses internet dari Menkominfo. Masih sangat banyak yang kurang (mendapatkan jaringan internet)," ujarnya.

Ia menambahkan, jaringan internet kecepatan tinggi di sekolah terluar itu sangat penting. Terutama tentu untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

"Dan ini penting untuk segera menyetarakan, mensejajarkan akses sekolah-sekolah yang ada di pinggiran itu dengan sekolah-sekolah yang ada di pusat-pusat kekuasaan, di pusat-pusat keramaian dan pusat aktivitas di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara yang juga hadir di acara tersebut bersama Mendikbud mengatakan, ada sekitar 240 ribu sekolah (termasuk madrasah) di seluruh daerah Indonesia.

"Itu sekitar hampir 100 ribu sekolah belum terkoneksi dengan internet dengan kapasitas yang cukup," katanya.

"Kapasitas yang cukup itu artinya, mereka harus bisa menggunakan internet untuk proses kegiatan belajar mengajar," jelasnya. (roi/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed