Minggu, 12 Nov 2017 18:52 WIB

Mantan Pegawai Ungkap Kerja Rodi Elon Musk

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Elon Musk memang dikenal gila kerja. Dia sering kedapatan tidur di lantai pabrik miliknya agar bisa bekerja kapanpun dia mau. Jadi tidak heran kalau para pegawainya ikutan bekerja rodi.

Hal ini terungkap dari postingan salah satu mantan pegawai Musk di situs tanya jawab Quora, bernama Josh Boehm. Di situs tersebut, dia menjawab pertanyaan 'Seperti apa rasanya bekerja di perusahaan Elon Musk?'.

"Saya biasa bekerja 12 jam lebih per hari dan banyak karyawan lain melakukan hal sama sehingga banyak yang menginap di kantor," tulis Boehm yang dulu bekerja di SpaceX.

Para karyawan Musk bahkan punya ungkapan, 'kalian adalah sopir budak kalian sendiri', untuk menggambarkan betapa mereka harus bekerja dalam waktu panjang di luar jam bekerja orang normal.

"Kami kerap melontarkan candaan menyindir seperti, 'Oh Anda pekerja paruh waktu ya?,' kepada orang-orang yang pulang 'cepat' sekitar jam 7 malam," ungkapnya.

Mantan Pegawai Ungkap Kerja Rodi Elon MuskFoto: istimewa


Sebutan pekerja paruh waktu mereka tujukan bagi mereka yang 'hanya' bekerja 50-60 jam per minggu. Ya, para pegawai Musk bekerja lebih dari 60 jam selama sepekan.

Meski bebannya berat seperti bekerja rodi, Boehm mengatakan kultur bekerja semacam ini justru datang sendiri dari para pekerjanya, bukan karena keharusan dan tekanan dari Musk.

Kemungkinan karena anak buahnya melihat sendiri bagaimana gila kerjanya seorang Musk. Dan pria yang kerap dijuluki Iron Man di dunia nyata ini menghargai kultur tersebut dalam kesuksesannya saat ini.

Boehm sendiri mengaku pengalaman bekerjanya selama di SpaceX telah banyak menggemblengnya menjadi pekerja yang tahan banting.

"Saya diberi tanggung jawab dan kebebasan lebih di SpaceX, dibandingkan perusahaan lain yang pernah saya singgahi. Ini menjadi pengalaman tak ternilai yang berguna ketika saya mendirikan startup sendiri setelah keluar dari SpaceX," tutupnya. (rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..