Sabtu, 11 Nov 2017 12:00 WIB

Para Mantan Bos Facebook yang Kapok Pakai Facebook

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages - Dan Kitwood Ilustrasi. Foto: Gettyimages - Dan Kitwood
Jakarta - Facebook sangat banyak penggunanya, namun beberapa mantan bosnya justru sudah kapok memakainya. Sebut saja Justin Rosenstein yang merupakan pencipta tombol Like Facebook serta Sean Parker, presiden pertama jejaring sosial terbesar itu.

Justin menciptakan tombol Like tahun 2007. Tapi Justin sekarang malah khawatir akan dampak psikologis penggunaan jejaring sosial semacam Facebook.

Maka pria berusia 34 tahun yang tahun 2009 mengundurkan diri dari Facebook itu coba meminimalisir penggunaan aplikasi. Dia membeli iPhone baru dan meminta asistennya memasang fitur sehingga Justin tak bisa sama sekali download aplikasi.

"Sangat umum bagi manusia untuk menciptakan sesuatu dengan niat baik tapi malah punya konsekuensi negatif," kata Justin.

Justin rupanya tak ingin kecanduan internet atau media sosial yang dapat berdampak kurang baik. Misalnya bikin depresi atau memecah konsentrasi. Belum lagi penyebaran kabar hoax yang marak. "Semua orang terpecah konsentrasinya. Sepanjang waktu," katanya.

Sedangkan Sean Parker baru saja mengaku tak mau lagi mengakses Facebook dan juga media sosial yang lain. "Karena terlalu membuang waktu," kata Parker, dikutip detikINET dari BBC.

Namun demikian, Parker mengaku masih memiliki akun Facebook yang tak pernah lagi dibukanya. "Jika Mark mendengar hal ini, dia mungkin bakal menutup akunku," candanya.

Di pihak lain, mantan eksekutif Facebook, Chamath Palihapitiya, mengaku merasa bersalah karena Facebook belakangan banyak disalahgunakan. Misalnya saja dalam kampanye Pilpres Amerika Serikat. Di mana diduga banyak hoax yang didalangi berbagai pihak berseliweran.

"Tentu saja aku merasa bersalah. Tidak seorangpun pernah berpikir akan ada manipulasi di sistem. Kalian bisa melihat sendiri reaksi dari orang yang menjalankan perusahaan. Mereka tak pernah mengira itu mungkin," tandasnya. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed