Sabtu, 11 Nov 2017 11:10 WIB

6 Pesta Diskon Toko Online yang Menggoda Konsumen

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Tepat 11 November, sejumlah e-Commerce di Tanah Air menggelar diskon besar-besaran. Tapi tahukah kamu, bukan hari ini saja ada pesta belanja online. Setidaknya, ada 5 gelaran sejenis yang menggoda konsumen, baik di Indonesia maupun negara lain.

Dihimpun dari data Shopback, berikut enam festival belanja online yang cukup diminati oleh masyarakat.

Singles' Day

Istilah Singles' Day pertama kali muncul di China pada tahun 1990 dan awalnya hanya merupakan sebuah acara sekolah yang diperuntukkan bagi para jomblo untuk mencari pasangan. Namun, tahun 2009, istilah ini dipopulerkan sebagai Online Sale oleh Alibaba ke seluruh dunia dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 11 November.

Saking populernya, online sale yang satu ini mampu mengalahkan penjualan saat Cyber Monday di tahun 2012. Bahkan, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 17,8 miliar di tahun 2016. Hal ini tentunya merupakan sebuah pencapaian besar bagi mereka.
6 Pesta Diskon Toko Online yang Menggoda KonsumenFoto: istimewa

Online Revolution

Festival belanja online selanjutnya adalah Online Revolution yang muncul di tahun 2012 dengan Lazada Indonesia sebagai pelopor kampanye belanja online nasionalnya. Istilah Online Revolution sendiri lebih populer jika dibandingkan dengan Singles' Day di Indonesia.

Maka tidak heran kalau dalam segi penjualannya, Online Revolution berhasil mencapai angka USD 40 miliar transaksi di tahun 2016 dan menduduki Top 10 Keywords. Sama halnya dengan Singles' Day, Online Revolution juga diperingati setiap tanggal 11 November.

Festival Belanja Online

Tak ketinggalan juga ada Festival Belanja Online yang dimulai tahun 2014, didirikan atas dasar kerjasama para penggiat industri e-commerce di Indonesia. Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan UNICEF pada Festival Belanja Online tahun 2015. Festival Belanja Online merupakan acara tahunan yang diselenggarakan selama satu minggu tiap tanggal 23-30 November.

Festival yang diikuti oleh 75 partisipan ini memiliki total transaksi penjualan tiga kali lebih besar daripada penjualan biasanya berkat promo potongan harga hingga 90% yang ditawarkannya.
6 Pesta Diskon Toko Online yang Menggoda KonsumenFoto: istimewa

Black Friday

Awalnya, istilah Black Friday memang tak ada hubungannya dengan belanja online. Namun, pada akhirnya istilah ini diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi para pemilik retail, di mana umumnya akan terjadi antrean pengunjung yang sangat besar.

Dari fenomena inilah akhirnya Black Friday diadaptasikan sebagai Online Shopping yang diselenggarakan setiap tanggal 24 November oleh para penggiat e-commerce untuk meningkatkan penjualan pada periode tersebut. Di tahun 2016, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 3,34 miliar.

Cyber Monday

Istilah hari belanja online ini pertama kali dipopulerkan oleh Shop.org pada tahun 2005. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset yang dilakukan, hari paling populer untuk belanja online adalah Senin. Cyber Monday digelar tanggal 27 November setiap tahunnya.

Masih lebih unggul dari Black Friday, transaksi penjualan Cyber Monday berhasil mencapai angka USD 3,45 miliar di tahun 2016.

Hari Belanja Online Nasional

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lahir tahun 2012, dan dikenal sebagai event yang lahir di tanggal unik, yaitu 12-12-12 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia.

Wwal kemunculannya, event ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce Saat ini sudah lebih dari 72 e-commerce yang ikut bergabung dalam Harbolnas. Total transaksi penjualanya sendiri berhasil mencapai angka USD 235 juta di tahun 2016.

Melihat dari jumlah transaksi, Singles' Day berada di urutan paling atas jika dibandingkan dengan kelima lainnya, yakni mencapai USD 17.8 miliar di tahun 2016. Namun jika dilihat berdasarkan riset Shopback, masyarakat Indonesia lebih tertarik pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dibanding dengan hari belanja online lainnya. Hal ini ditunjukkan dari data statistik pencarian terhadap keyword "Harbolnas" makin tinggi setiap tahunnya.

Shopback turut mendapati hingga saat ini, Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara menduduki posisi kedua dan ketiga dalam pencarian keyword "Harbolnas" di tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat dadi erah memiliki animo yang lebih tinggi untuk berbelanja online saat Harbolnas. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed