Sabtu, 11 Nov 2017 10:35 WIB

Pengakuan YouTuber Terpopuler Papua Kreator Epen Cupen

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kreator Epen Cupen. Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET Kreator Epen Cupen. Foto: Muhammad Alif Goenawan/detikINET
Jakarta - Sempat ingin berhenti saja, kelompok YouTuber asal Papua ini berhasil membuktikan diri sebagai salah satu kreator konten populer di Indonesia. Mereka adalah Epenkah Cupentoh, yang sudah memulai karirnya sejak tujuh tahun lalu.

"Kami memulai perjalanan ini dari tujuh tahun lalu. Tak mudah memang menjalankannya, bahkan sempat ingin kami stop. Kami selalu dilanda dengan masalah keluar masuk personel, hingga bagaimana agar selalu bisa membuat konsep baru," ujar Irham Acho, sutradara yang membesut serial Epen Cupen.

Salah satu kunci sukses adalah dengan berinovasi dan mencoba hal baru. "Kami selalu berinovasi dengan mencoba gaya-gaya baru dengan mengembangkan sketsa sederhana yang memang menjadi pondasi kami," katanya.

Hal tersebut mereka lakukan karena Epen Cupen selalu mengalami perputaran pemain yang sekarang sudah mencapai lima generasi. Selain itu, mereka juga konsisten dalam membawakan kearifan lokal masyarakat Papua dalam berbagai video yang dibuat.

"Kami selalu membawakan mop, lawakan asli Papua, dalam sketsa-sketsa kami. Karena ini susah dikenal dengan lisan atau tulisan oleh masyarakat luar Papua, makanya kami pakai visual agar lebih universal. Kami juga menggunakan gimmick yang mudah mengundang tawa penonton," ia berujar.

Meskipun begitu, kelompok yang baru saja mendapat penghargaan Silver Button ini mengatakan bahwa Epen Cupen lebih dari sekedar menghadirkan komedi, namun banyak pesan yang terkandung di tiap konten yang mereka buat.

"Di tiap sketsa kami itu ada banyak pesan sosial, sindiran, hingga isu kebersamaan. Kami ingin memberikan pesan bahwa walaupun kita berbeda-beda tapi harus tetap bersatu. Kami juga sering meluncurkam sindiran seperti isu mengenai listrik yang sering mati di Papua. Mungkin penonton menganggapnya sebagai komedi belaka, tapi Epen Cupen lebih dari itu," paparnya.

Selain itu, mereka pun sempat diajak bekerja sama dengan Unicef dalam melakukan kampanye edukasi.

"Dari kerja sama itu, kami membuat 10 sketsa mengenai edukasi untuk pendidikan dan kesehatan. Jadi Epen Cupen pun cocok untuk dijadikan sebagai media kampanye sosial seperti ini," ia menjelaskan.

Ke depan, mereka berkomitmen akan terus menghadirkan inovasi-inovasi baru, dengan tetap membawa keunikan dari masyarakat Papua.

"Kami berencana untuk mencoba membuat film pendek, lalu nantinya juga akan ada komedi horror. Orang Papua itu sebenarnya juga ramah dan lucu seperti masyarakat Indonesia yang lain. Itu yang inign kita selalu bawakan di tiap sketsa," ujarnya

"Epen Cupen secara perlahan-lahan mampu mengubah mindset orang terhadap warga Papua yang seram dan menakutkan," pungkasnya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..