Jumat, 10 Nov 2017 19:45 WIB

Ini Ciri Pesawat AirAsia yang Bisa Internetan di Udara

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - AirAsia Indonesia resmi menghadirkan layanan WiFi dalam penerbangan berbiaya hemat yang diklaim pertama di Indonesia. Namun tidak semua pesawatnya menyertakan fasilitas itu.

Pasalnya, AirAsia baru memasang layanan WiFi tersebut di satu pesawat saja. Baru 2018 nanti perusahaan itu menargetkan fasilitas internetan di 10 pesawat.

"Sekarang baru satu pesawat, tahun depan kita rencanakan sampai 10 pesawat," ujar CEO Group AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan di RedHouse, kantor pusat AirAsia Indonesia, Tangerang, Jumat (10/11/2017).

Layanan WiFi dan inflight entertainment AirAsia yang diberi nama Rokki, tersedia di sejumlah penerbangan domestik maupun internasional yang dilayani AirAsia Indonesia.

Ditambahkannya, fasilitas internetan itu ditandai dengan kode registrasi PK-AXV yang ada di belakang bodi pesawat.

Kode tersebut menempel pada rute penerbangan ke berbagai rute domestik maupun internasional, antara lain Bali, Yogyakarta, Surabaya, Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura, dan Penang.

Layanan Rokki pertama kali diluncurkan AirAsia pada 2014, untuk pesawat AirAsia di Malaysia. Rokki sendiri adalah perusahaan afiliasi AirAsia yang dikhususkan untuk menyediakan layanan seperti WiFi di pesawat.

Butuh waktu sekitar 1,5 tahun bagi AirAsia Indonesia memboyong layanan WiFi dalam penerbangan di Indonesia, untuk mengurus perizinan dan pengujian WiFi di kabin. Dalam menghadirkan layanan WiFi ini, AirAsia Indonesia didukung Indosat Ooredoo sebagai penyedia layanan. (rns/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed