Jumat, 10 Nov 2017 10:27 WIB

Pengakuan Mantan Presiden: Facebook Dirancang Bikin Kecanduan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sean Parker. Foto: Getty Images Sean Parker. Foto: Getty Images
Jakarta - Mantan presiden Facebook mengungkapkan pengakuan yang cukup mengejutkan. Bahwa para pendiri Facebook sengaja menciptakan media sosial yang bikin kecanduan dan mengeksploitasi psikologi manusia.

Sean Parker adalah presiden pertama Facebook pada tahun 2004, ketika situs itu belum lama didirikan Mark Zuckerberg dan kawan-kawan. Sejak awal, Facebook dirancang agar pengguna menghabiskan waktu selama mungkin di situs.

"Proses pemikiran ketika membuat aplikasi itu, Facebook adalah yang pertama, adalah tentang bagaimana kami bisa menarik waktu dan perhatian kalian sebanyak mungkin?" sebut Parker yang dikutip detikiNET dari BBC.

"Artinya kami perlu memberikan kalian sedikit kesenangan, karena seseorang suka atau mengomentari postingan kalian. Dan itu akan berkontribusi pada lebih banyak konten dan kalian mendapat lebih banyak like serta komentar," papar dia.

Saksikan video 20detik tentang Facebook di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Pada masa-masa awal itu, banyak orang menyatakan tidak bakal memakai Facebook. Itu karena mereka mengaku lebih memilih interaksi di dunia nyata. Tapi Parker yakin mereka pasti akan menggunakannya.

Akhirnya instingnya itu benar. Facebook kini jejaring sosial terbesar dunia dengan sekitar 2 miliar pengguna.

"Facebook mengubah relasi kalian dengan masyarakat, dengan satu sama lain. Mungkin juga mempengaruhi produktivitasmu. Hanya Tuhan yang tahu apa yang dilakukan situs itu pada otak anak-anak," tuturnya. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed