Senin, 06 Nov 2017 19:50 WIB

Ratusan Juta Akun Facebook Terdeteksi Palsu

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Facebook. Foto: detikINET/Irna Prihandini Facebook. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Setelah dikritik karena mempromosikan berita palsu atau hoax, kini muncul pengakuan Facebook yang cukup mengejutkan. Yakni terkait akun palsu di jejaring sosial terbesar dunia itu.

Ya, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini mengakui bahwa ada sekitar 270 juta akun palsu atau duplikat yang tercipta di platform-nya. Karena jumlahnya besar, hal ini sedikit banyak menimbulkan pertanyaan terkait integritas jejaring sosial tersebut.

Bicara jumlah pengguna, saat ini Facebook mencatat ada sekitar dua miliar pengguna. Namun, di antara dua miliar tersebut, 10% dari penggunanya adalah akun duplikat. Angka ini meningkat 6% dari estimasi kuartal sebelumnya.

Sementara itu, sekitar 2% dan 3% dari total pengguna dilaporkan merupakan akun palsu atau akun yang tidak terasosiasi dengan akun sesungguhnya. Angka ini juga meningkat dari yang tadinya hanya 1% estimasi di bulan Juli, dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (6/11/2017).

Jika diterjemahkan dalam angka, sekitar 207 juta akun Facebook adalah duplikat atau tiruan dan sekitar 60 juta adalah palsu.

Dalam presentasi hasil keuangan untuk kuartal III tahun ini, Facebook mengatakan jika kenaikan jumlah akun palsu dan duplikat itu karena meningkatnya efektifitas dari algoritma yang memonitor Facebook dan mendeteksi akun palsu tersebut.

Banyaknya akun palsu di media sosial bukan hal mengejutkan karena mudah saja membuatnya. Di antara sekitar 330 juta pengguna Twitter, diperkirakan 5% di antaranya palsu. (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed