Senin, 06 Nov 2017 18:04 WIB

5 Startup Muda di Amplifive, Siapa Mereka?

Josina - detikInet
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Sedang berjuang membangun startup? Tidak ada salahnya membuka jalan dengan mengikuti Amplifive, event pitching startup yang melibatkan para pakar di bidangnya.

Seperti diketahui, dunia startup di Indonesia semakin bergairah. Didukung oleh populasi besar dan masalah-masalah yang membutuhkan solusi.

Sudah cukup banyak cerita sukses terjadi. Sebut saja Go-Jek, Traveloka, sampai Tokopedia yang awalnya bukan apa-apa, kini menjadi startup berstatus unicorn dengan valuasi setidaknya USD 1 miliar.
Di masa depan, ekonomi digital pun diprediksi menyumbang pendapatan besar bagi Indonesia. Nah, detikINET bekerjasama dengan Digitaraya dan Google for Entrepreneurs menciptakan event bernama Amplifive.

Di ajang ini, dicari lima startup terpilih untuk merepresentasikan diri di hadapan lima pemain industri startup berpengalaman dari beragam latar belakang, untuk mendapatkan dukungan dan peluang kolaborasi.


Amplifive: Startup Muda Berkreasi Hadirkan SolusiFoto: detikcom


Untuk tahap awal, ada lima startup terpilih melakukan pitching yaitu Karapan dari Surabaya, Ajarin dari Jakarta, Lindungi Hutan dari Semarang, Sampah Muda dari Semarang dan Triplogic dari Jakarta. Siapa mereka?

1. Ajarin

Sebuah aplikasi mobile yang dapat membantu orang tua untuk menemukan, mengembangkan, dan menyalurkan talenta anak-anak berusia empat sampai enam belas tahun.

2. Karapan

Bergerak di sektor agriculture di bidang peternakan sapi potong untuk mengumpullan peternak sapi potong rakyat untuk bisa menjual komoditas mereka seperti daging ke pasar yang lebih tinggi seperti retail, pasar swalayan hingga restoran melalui online.

3. Sampah Muda

Sebuah aplikasi di mana orang bisa menyortir sampah mereka, memesan pickup, dan mengumpulkan poin mereka atau menyumbangkannya untuk program pemulihan lingkungan.

4. Lindungi Hutan

Sebuah gerakan untuk membantu melindungi ekosistem hutan di Indonesia melalui platform crowdfunding.

5. Triplogic

Sebuah platform untuk mengirim paket antar kota lebih cepat dan lebih aman, dengan bermitra dengan perusahaan transportasi yang berpengalaman dan terpercaya. Traveller bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membagikan barang bawaan mereka.

Kelima startup ini kemudian satu persatu melakukan pitching di hadapan para dewan juri, yakni Chief Executive KIBAR Yansen Kamto, Indonesia Business Lead Google Henky Prihatna, Vice Editor in Chief Detikcom Ardhi Suryadhi, Vice President CyberAgents Venture Steven Vanada.

"Ini membuktikan kalau startup ekosistem kita sudah semakin matang, banyak anak-anak muda sekarang lebih memperhatikan masalah-masalah besar di indonesia," ujar Yansen Kamto, Chief Executive, KIBAR.

"Sektor-sektor yang krusial sekarang mereka tekel mulai dari pertanian, peternakan, logistik hingga pendidikan," tambahnya.

Ditambahkan Yansen, bisnis pemanfaatan teknologi digital tak hanya disektor perdagangan saja seperti e-commerce. Menurutnya, aplikasi solusi dalam beragam industri yang diciptakan kelima startup tersebut bisa menjadi salah satu model bisnis yang baru.

Senada dengan Yansen, Henky Prihatna yang menjabat sebagai Indonesia Business Leader Google mengatakan bahwa ternyata di Indonesia memiliki banyak startup-startup baru dari berbagai sektor bukan hanya dari e-commerce saja tapi juga dari peternakan hingga kehutanan sehingga menjadi potensi besar di masing-masing bidangnya.

Amplifive sendiri merupakan program detikcom bekerja sama dengan Digitaraya dan Google. Lewat ajang ini merupakan kesempatan emas bagi pelaku startup untuk menggali lebih dalam aplikasi yang mereka buat bersama dengan pakar berpengalaman mereka pun juga berkesempatan untuk networking dengan para pelaku teknologi ekosistem di Indonesia.

Amplifive: Startup Muda Berkreasi Hadirkan SolusiFoto: detikcom


Event ini digelar setiap bulan, bagi kalian para pelaku startup yang ingin mendapatkan pengalaman bisa ikut daftar dengan catatan kalian sudah memiliki prototipe-nya. Caranya, simak di sini. (jsn/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed