Sabtu, 04 Nov 2017 13:30 WIB

Sempat Tumbang, WhatsApp Tetap Dicinta

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Di tengah upaya melakukan upgrade dengan sejumlah fitur anyar, WhatsApp mengalami kejadian tak mengenakkan dengan tumbangnya layanan mereka pada Jumat (3/11) kemarin. Meski demikian, cukup banyak pengguna yang memakluminya.

Pembaca detikINET dengan akun detikconnect @cinokota misalnya, dia mengaku tak keberatan WhatsApp down sesekali. Pasalnya, WhatsApp sudah berbaik hati memberikan layanan gratis.

"Terima kasih whatsapp atas pelayanan yang tetap gratis dan luar biasa, sekali-kali error masih bisa di maklumi kok," ujarnya.

"Wajar aja.. per harinya tidak kurang dari 40 miliar pesan yang mereka urus. Dengan jumlah pengguna yang banyak, hal seperti itu kadang bisa terjadi. Di Indonesia aja, operatornya sering down bahkan susah sinyal," sebut pengguna lain lewat akun @everinsisando.

Martin Winata lewat akun @martin_win62 mengatakan tak masalah WhatsApp down hanya beberapa jam. "Gw tetap cinta WhatsApp, kita pakai jg gratis," sebutnya.

Senada dengan yang lain, akun @tarihoranbonar juga merasa bahwa WhatsApp sudah cukup memberikan manfaat bagi penggunanya. Sehingga dengan tumbang sesaat-nya layanan ini, sangat dimaklumi olehnya.

"Aplikasi ini dibutuhkan penduduk dunia saat ini. Era informasi yang berhasil dibangun mereka, melahirkan orang-orang paling kaya di dunia dalam jangka waktu relatif singkat. Kita pun membutuhkan dan menikmati ciptaan mereka, suka atau tidak," ujarnya.

Kondisi ini tentu menguntungkan bagi WhatsApp. Di luar itu, para pengguna yang begitu setia dan tetap mencintainya ini menjadi pengingat WhatsApp untuk berupaya keras membuat layanannya selalu prima.

Bukan kali ini saja layanan kepunyaan Facebook itu mengalami gangguan. Pada Mei lalu, WhatsApp sempat down dalam waktu lebih lama dari yang terjadi Jumat (3/11) kemarin.

Dengan pengguna saat ini sudah tembus 1,2 miliar, WhatsApp memang diandalkan untuk berbagai urusan. Tak heran kehebohan sempat terjadi ketika WhatsApp ngadat walaupun cuma sebentar.

Selama sekitar satu jam, WhatsApp tidak bisa dipakai untuk mengirim ataupun menerima pesan dan membuat para penggunanya bertanya-tanya. Gangguan terjadi di Inggris, Pakistan, Jerman, Brasil, Rusia, Vietnam, Myanmar sampai Indonesia.

WhatsApp membenarkan kejadian tersebut dan meminta maaf. Walaupun sayangnya, mereka tidak menjelaskan secara detail tentang apa penyebabnya.

"Hari ini (3/11), pengguna WhatsApp secara global memiliki masalah dalam mengakses aplikasi selama sekitar 1 jam. Isu ini sudah diperbaiki dan kami minta maaf atas ketidaknyamannya," demikian penjelasan singkat dari juru bicara WhatsApp.

Saksikan video 20detik perihal penjelasan WhatsApp yang sempat tumbang kemarin di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed