Kamis, 02 Nov 2017 10:04 WIB

Orang Terkaya Dunia Dituding Pelit, Padahal Belum Tentu

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. Foto: istimewa Jeff Bezos. Foto: istimewa
Jakarta - Jeff Bezos, CEO dan pendiri raksasa e-commerce Amazon, saat ini orang terkaya dunia dengan harta sekitar USD 93 miliar, menyalip Bill Gates. Tapi beberapa pihak sudah menghakiminya kikir karena sejauh ini, hanya sedikit menyumbang. Padahal mungkin karena belum saja.

Jika Bill Gates memiliki salah satu yayasan amal terbesar dunia, Bill & Melinda Gates Foundation, maka Bezos belum pernah terdengar sumbangsih besarnya buat kemanusiaan. Diperkirakan, ia baru total mendonasikan USD 100 juta, sangat jauh dari kekayaan totalnya.

Tapi jangan buru-buru menghakimi Bezos. "Mungkin Bezos sudah berencana soal filantropi tapi masih menundanya," ucap Amy Schiller, seorang pengamat filantropi yang dikutip detikINET dari Chicago Tribune.

Bill sendiri butuh waktu cukup lama untuk benar-benar terjun ke dunia amal. Tepatnya sejak mengundurkan diri dari posisi CEO Microsoft pada tahun 2000, ia membesarkan yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

Memang ada yang sudah berniat banyak beramal kala masih aktif bekerja, contohnya CEO Facebook Mark Zuckerberg. Tapi tak sedikit yang seperti Bill, baru giat ketika sudah cukup berumur.

"Bezos mungkin belum cukup siap untuk seperti itu, orang ini seperti Bill, mengubah dunia. Itu adalah pekerjaan full time. Mungkin saja dia nanti sama dermawannya seperti Gates. Tak seorang pun berhak meminta dari dia dan Bezos harus diberi waktu," kata Ed Lazowska dari University of Washington.

Bezos sudah mengindikasikan ia berniat berbuat lebih banyak buat kemanusiaan. Ia belum lama ini menanyakan bagaimana harus menyumbang dengan tepat sasaran. Jadi, tunggu saja sepak terjang pria pelontos ini di dunia kemanusiaan walau sejauh ini, belum ada tanda-tandanya. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed