Rabu, 01 Nov 2017 12:52 WIB

Bill Gates Ungkap Penyakit Ini Segera Musnah dari Bumi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Bill Gates. Foto: Getty Images Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta - Polio adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia dalam waktu yang lama. Namun semuanya akan berubah pada akhir tahun ini. Salah satunya berkat jasa sang pendiri Microsoft, Bill Gates.

"Kemajuan dalam melawan polio mungkin menjadi salah satu rahasia yang paling dijaga di dunia kesehatan. Jika semuanya berjalan stabil, manusia akan melihat kasus polio terakhir tahun ini," ujar Gates baru-baru ini.

Jay Wenger, dokter di Bill & Melinda Gates Foundation yang memimpin proyek pemberantasan polio mengamini hal tersebut. "Kami menilai bahwa ini merupakan akhir dari pemberantasan polio. Kami jauh lebih dekat dari sebelumnya dan optimis dunia bisa melihat akhir dari polio tahun ini," ia mengatakan.

Bahkan, ia menambahkan bahwa proses ini berjalan lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Jika benar terjadi, polio akan menjadi penyakit kedua yang berhasil diberantas seutuhnya setelah variola, seperti dilansir detikINET dari Futurism pada Rabu (1/11/2017).

"Sekarang, hanya ada 12 kasus polio yang ditemukan di seluruh dunia, yaitu di Afghanistan dan Pakistan," ujar Jay Wenger.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat proses yang belum pernah dilihat sebelumnya. Pada 2015, masih terdapat 74 kasus. Di 2016, 37 kasus berhasil diketahui. Lalu, kini tinggal 12 kasus, dan hanya terdapat di dua negara," ia menambahkan.

Yayasan Gates telah menggelontorkan banyak uang termasuk USD 450 Juta pada Juni lalu untuk terus mendukung pemberantasan polio. Gates memang suka beramal dan belum lama ini juga menyumbang USD 5 miliar untuk berbagai kegiatan kemanusiaan sehingga statusnya sebagai orang terkaya disalip bos Amazon, Jeff Bezos.

"Mungkin banyak orang yang bingung mengapa kami mengeluarkan uang yang sangat besar, padahal hanya tersisa 12 kasus lagi. Kami hanya ingin semua ini benar-benar berakhir secara sempurna," pungkas Jay Wenger.

Suksesnya pemberantasan polio bermula dari beredarnya vaksin pertama yang aman digunakan oleh Jonas Salk pada 1955. Lalu, Global Polio Eradication Initiative yang didirikan pada 1988 oleh World Health Assembly, berhasil mengurangi kasus polio sebesar 99,99%.

Kampanye vaksinasi secara besar-besaran yang didukung oleh institusi kesehatan di berbagai negara menjadikan kemenangan atas polio berhasil diwujudkan. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed