Selasa, 31 Okt 2017 16:28 WIB

Duit Ribuan Triliun, Ini Harta Benda Manusia Terkaya Baru

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. Foto: istimewa Jeff Bezos. Foto: istimewa
Jakarta - Uang orang terkaya dunia baru, Jeff Bezos, sebesar USD 93,1 miliar atau di kisaran Rp 1.265 triliun. Buat apa saja ya uang sebanyak itu?

Memang sangat susah menghabiskannya karena begitu banyaknya. Pendiri dan CEO Amazon itu diketahui menggunakan sebagian uangnya untuk properti, barang mewah ataupun bisnis baru. Ini di antaranya.

Properti Mewah

Rumah utama Bezos berada di Medina, Washington. Sebuah lingkungan elit di mana salah satu tetangganya adalah Bill Gates, pendiri Microsoft yang baru saja disalipnya sebagai manusia terkaya sejagat.

Tahun 1998, Bezos membeli rumah mewah 5,5 hektar itu senilai USD 10 juta. Pada waktu itu, hartanya baru USD 1,6 miliar dan untuk pertama kalinya masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Bezos kemudian membeli properti lain di sekeliling rumah itu dan sekarang nilainya jadi sekitar USD 70 juta.

Januari lalu, Bezos dilaporkan membeli mansion senilai USD 23 juta di lingkungan elit di Washington DC, yakni Kalorama. Tetangganya adalah orang-orang terkenal. Sebut saja mantan presiden Barack Obama serta anak Donald Trump, Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner. Masih ada lagi properti mewahnya di Beverly Hills sampai Manhattan.

Membiayai Bisnis Luar Angkasa

Pada tahun 2000, Bezos mendirikan perusahaan bernama Blue Origin. Perusahaan ini punya misi menyediakan transportasi bagi turis yang ingin melihat pemandangan di angkasa dengan biaya semurah mungkin.
Duitnya Ribuan Triliun, Ini Harta Benda Manusia Terkaya Baru Foto: istimewa

Untuk membiayai perusahaan yang jelas belum meraih untung itu, Bezos dilaporkan menjual sahamnya senilai USD 1 miliar per tahun. Dia optimistis pesawat luar angkasa besutan Blue Origin sudah dapat mengangkut turis pada tahun 2018 mendatang.

Transportasi Mahal

Pada tahun 1996 ketika masih merintis Amazon, Bezos hanya mengendarai mobil Honda Accord. Namun seiring bertambah kekayaannya, kendaraannya pun makin mewah.

Contohnya, dia mempunya pesawat Gulfstream G-650ER senilai USD 65 juta. Pesawat pribadi itu termasuk yang paling mewah dan dapat menempuh jarak sangat panjang di kelasnya.
Duitnya Ribuan Triliun, Ini Harta Benda Manusia Terkaya Baru Foto: istimewa

Investasi

Bezos diketahui berinvestasi di sejumlah perusahaan. Seperti startup Airbnb yang bergerak di sewa penginapan, Uber bahkan Google. Dia juga mengakuisisi beberapa perusahaan besar seperti Washington Post senilai USD 250 juta dan jaringan supermarket Whole Foods.

Piknik

Bezos, istrinya Mackenzie dan 4 anak mereka suka piknik. Belum lama ini, mereka kepergok jalan-jalan di Italia. Tampak orang tua Bezos dan saudara kandungnya ikut, yang menampakkan kedekatan keluarga mereka.

Filantropi

Dibandingkan Bill Gates, Bezos memang jauh lebih sedikit menyumbang uang buat kemanusiaan walaupun bukannya tidak sama sekali. Ia diestimasi menyumbang sejumlah USD 100 juta.

Antara lain baru-baru ini dia menyumbang ke pusat riset kanker Fred Hutchinson Cancer Research Center sebesar USD 35 juta. Dia juga pernah memberi donasi USD 15 juta ke almamaternya Princeton University. (fyk/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed