Senin, 30 Okt 2017 19:50 WIB

Sudah Jadi Manusia Terkaya, Bezos Masih Simpan Ambisi Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bezos di depan kapsul Blue Origin. Foto: istimewa Bezos di depan kapsul Blue Origin. Foto: istimewa
Jakarta - Jeff Bezos sudah jadi manusia paling banyak hartanya sedunia. Namun demikian, pria yang kekayaan terkininya tembus ribuan triliun ini masih punya ambisi besar. Apa itu?

"Jika aku berumur 80 tahun, melihat kembali hidupku yang lalu dan satu hal yang telah kulakukan adalah membuat adanya ledakan entrepreneur super besar di angkasa untuk generasi masa depan, aku akan menjadi pria yang sangat-sangat bahagia," kata Bezos.

Ya, menaklukkan angkasa agaknya menjadi ambisi terbesar Bezos saat ini. Sehingga ia membangun perusahaan Blue Origin, perusahaan yang bergerak di wisata antariksa. Perusahaan teknologi tinggi ini lahir pada tahun 2000.

"Aku ingat menonton peluncuran Apollo 11 saat aku berusia 5 tahun. Ini adalah salah satu alasan ketertarikanku terhadap sains, engineering dan ekplorasi," sebutnya, dikutip detikINET dari CNBC.

Blue Origin fokus membuat pesawat antariksa untuk turis yang bisa digunakan berkali-kali. Sedikit demi sedikit, ambisinya itu mulai terwujud.

November 2015, roket New Shepard yang dikembangkan perusahaan itu, berhasil mengangkasa sampai seratus kilometer dan mendarat secara vertikal tanpa celaka. Pencapaian yang tak bisa dianggap remeh.

Roket itu mendarat vertikal sangat dekat dengan tempatnya diluncurkan di Texas, meski ada tantangan berupa hembusan angin yang kencang. Blue Origin pun memberi pernyataan kuat, mereka siap bersaing di teknologi pesawat wisata luar angkasa.

Karena bisa dipakai berulangkali, maka biaya untuk wisata ke luar angkasa nantinya dapat ditekan. Menurut Bezos, membuat roket yang bisa terus dipakai bukan perkara gampang sehingga New Shepard adalah pencapaian besar.

"Untuk bisa digunakan lagi sepenuhnya, diisi bahan bakar lagi dan terbang lagi, untuk mencapai sesuatu yang mendekati operasional pesawat biasa, itu adalah visinya," kata pria berkepala pelontos itu.

"Aku yakini ini adalah zaman keemasan baru dalam eksplorasi angkasa. Zaman keemasan pertama adalah tahun 60 an. Kita berada di zaman keemasan soal roket. Aku yakin suatu hari semua roket akan memiliki landing gear," papar Bezos.
Sudah Jadi Manusia Terkaya, Bezos Masih Simpan Ambisi IniFoto: istimewa

"Kami akan melakukan banyak uji coba sebelum siap untuk mengangkut manusia di dalamnya. Kami akan melakukan berbagai penerbangan yang menantang. Harapannya beberapa tahun dari sekarang, kami bisa memasukkan manusia di New Shepard dan membawa mereka ke angkasa," tambahnya.

Belum lama ini, Blue Origin kembali menujukkan pencapaiannya. Blue Origin mau melakukan uji coba menerbangkan Boeing's Starliner, kendaraan berbentuk kapsul yang akan melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa.

"Calon penumpang yang sudah membayar akan menyusul setelahnya, ketika New Shepard siap diterbangkan,"kata Bezos. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed