Minggu, 29 Okt 2017 18:27 WIB

Dibuka! Kelas Buat yang Mau Jadi Ahlinya Developer Android

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Salah satu persoalan yang dihadapi sektor ekonomi kreatif digital adalah kelangkaan sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja dan mampu menguasai teknik coding yang relevan dengan kebutuhan industri. Platform developer hub Dicoding mencoba menjawabnya.

"Selain pesatnya perkembangan teknologi pemrograman di bidang software engineering, ketersediaan akses terhadap pembelajaran teknologi yang 'cutting-edge' dalam Bahasa Indonesia dan mudah dipahami juga masih sangat terbatas," jelas CEO dan Co-founder Dicoding Narenda Wicaksono.

Sebagai penyedia platform digital yang menjembatani pengembang aplikasi dengan peluang dan kebutuhan pasar, Dicoding pun membuka pendaftaran kelas 'Menjadi Android Developer Expert' (MADE). Ini adalah kelas unggulan Dicoding Academy angkatan kedua yang digelar Dicoding.

Kelas ini menawarkan pembelajaran online mengenai membangun aplikasi di atas sistem operasi Android yang mencakup materi Testing, Debugging, Application, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, dan Enhanced System Integration dalam 125 modul berbahasa Indonesia, 35 video tutorial, 24 quiz, dan dengan target penyelesaian 90 hari.

Dibuka! Kelas Buat yang Mau Jadi Ahlinya Developer Android CEO Dicoding Narenda Wicaksono (Foto: Dicoding)


Dijelaskan Narenda, Dicoding sebagai Google Authorized Training Partner di Indonesia, telah melalui proses penyusunan kurikulum secara komprehensif yang diverifikasi langsung oleh Google, untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dan sesuai dengan kebutuhan industri digital.

Upaya ini didukung Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Menurutnya, merealisasikan materi dalam Bahasa Indonesia untuk kelas MADE merupakan sebuah langkah dan kontribusi nyata Dicoding dalam meningkatkan kualitas SDM, khususnya untuk subsektor aplikasi dan game.

"Harapan saya kesempatan baik ini dapat dimanfaatkan oleh developer Indonesia dan para pelaku industri kreatif digital untuk meningkatkan skill dan kualifikasi mereka sehingga mampu berdaya saing secara global dan menggerakkan roda ekonomi kreatif nasional," sebutnya.

Dibuka! Kelas Buat yang Mau Jadi Ahlinya Developer Android CEO Dicoding Narenda Wicaksono dan Kepala Bekraf Triawan Munaf (Foto: Dicoding)


Dengan mendaftar kelas ini, peserta akan mendapatkan akses penuh atas seluruh modul, video tutorial, buku cetak Menjadi Android Developer Expert (670 halaman) yang diterbitkan secara eksklusif oleh Dicoding, ulasan komprehensif oleh Google Authorized Trainer terhadap tugas-tugas dan prototipe yang disubmit dalam kurun waktu 90 hari, sertifikat picodiploma dicoding bagi peserta yang berhasil lulus, serta kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi internasional dari Google.

Tertarik? Informasi lebih lengkap untuk mengikuti kelas menjadi Android Developer Expert bisa kalian temukan di website Dicoding. (rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed