Sabtu, 28 Okt 2017 19:15 WIB

Kisah di Balik Jawara Line Creativate 2017

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan lingkungan dekat sekitar kita, contohnya kedua jawara ajang Line Creativate 2017.

Mereka adalah Septia Indah Rosiana dan Putu Dedi Kurnia Pratama. Septia menjadi pemenang di kategori sticker. Kepada detikINET, perempuan asal Tangerang itu menceritakan proses pembuatan karyanya itu.

Sudah sejak lama Septia ingin membuat sticker. Tapi niatnya itu tidak kunjung terealisasi, hingga digelarnya Line Creativate 2017. Dengan kemampuan ilustrator yang dimilikinya Septia coba mengikuti kompetisi itu. Ia kemudian membuat sticker bernama Bontang atau Bocah Tengil.

"Inspirasinya dari anak-anak kecil di sekitar rumah. Beberapa di antara mereka cukup tengil, jadi saya buat jadi karakter sticker," kata Ibu dua orang anak ini.

Kisah di Balik Jawara Line Creativate 2017Septia Indah Rosiana. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Hanya butuh satu hari untuk Septia membuat sticker Bontang. Ada 16 karakter yang dibuatnya. Tampilan yang cukup kocak dan menarik rupanya sanggup mencuri hati para juri dan menempatkanya sebagai juara pertama.

Setelah menjadi jawara, Septia mengaku tidak berhenti membuat sticker. Malah sudah ada beberapa karakter yang telah ia kembangkan.

Beralih ke Putu, ia adalah juara satu Line Creativate 2017 kategori Webtoon. Pemuda asal Bali ini membuat karya berjudul Titik Balik. Webtoon yang dibuat Putu berkisah tentang anak SMU yang nakal dan bandel. Suatu hari ayah pemuda tersebut meninggal dan ia harus serius dengan hidupnya. Akhirnya dia menjadi lebih baik.

Putu Dedi Kurnia PratamaPutu Dedi Kurnia Pratama Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

"Cerita yang saya buat banyak terjadi di dunia nyata. Banyak anak SMU yang nakal dan akhirnya sadar akan perbuatannya setelah mengalami sesuatu dalam hidupnya," tutur Putu.

Webtoon Titik Balik sendiri bukan karya pertama Putu. Beberapa kali dia membuat karya untuk challenge dan Line Creativate 2016. Sayangnya dewi fortuna belum menghampirinya. Titik Balik sendiri ada tiga episode. Butuh tiga minggu untuk menyelesaikam semuanya. Sejauh ini sudah 5.600 orang yang membacanya.

"Banyak pembaca yang bilang terharu dan jadi ingat dengan orang tua," ujar Putu.

Setelah menjadi juara di Line Creativate 2017, Putu mengatakan akan terus berkarya. Uang hadiah yang didapatnya untuk dibelikan perangkat yang memudahkan ia membuat Webtoon kedepannya. (afr/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed