Jumat, 27 Okt 2017 11:28 WIB

Kacau! Pencipta Detective Conan Bekerja 20 Jam Sehari

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hingga kini Detective Conan masih menjadi serial manga yang populer di penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Namun, tahukah Anda jika serial manga ini digarap dengan penuh kerja keras?

Pencipta Detective Conan, yakni Gosho Aoyama akhirnya bicara blak-blakan mengenai proses penggarapan manga Detective Conan. Menurut penuturannya di buku Gosho Aoyama 30th Anniversary Book, ia bekerja selama lima hari dalam seminggu dengan jam kerja 20 jam selama sehari.

Selama 20 jam bekerja, Aoyama hanya mengambil istirahat tiga kali dengan masing-masing memiliki durasi 15 menit. Waktu istirahat itu biasanya ia pergunakan untuk makan, demikian dikutip detikINET dari Rocket News 24, Jumat (27/10/2017).

Lalu ketika berbicara soal tidur, ia biasanya tidur di kantor pada pukul 11 siang sampai jam 2 siang. Ia juga membiasakan rehat sejenak pada pukul 2.00 pagi sampai 2.30 pagi. Walau demikian, ketika dikejar deadline, biasanya ia melupakan tidur dan terus bekerja.

Namun, layaknya mangaka (sebutan pembuat manga) ternama, Aoyama bekerja tidak sendirian. Ia dibantu enam orang asisten yang melakukan berbagai macam hal. Meski tidak bekerja dengan jam yang sama seperti Aoyama, mereka tetap harus memenuhi jadwal.

Selain itu, Aoyama biasanya mengadakan rapat sekali dalam tiga minggu sebelum memulai siklus baru dari penggarapan manga. Pada bulan tertentu, ia menghabiskan tiga minggu bekerja untuk storyboard dan menggambar untuk menyiapkan seri berikutnya.

Aoyama mungkin hanya sebagian contoh dari sejumlah mangaka yang punya kehidupan di balik meja gambar. Pencipta One Piece, Eiichiro Oda bahkan mengklaim hanya tidur dari jam dua pagi sampai jam lima pagi, dan tak ada waktu istirahat. (mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed