Kamis, 26 Okt 2017 10:48 WIB

5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bareng GO-FOOD

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Go Food Foto: Go Food
Jakarta - Menjalankan sebuah sebuah bisnis kian dilirik di kalangan anak muda beberapa tahun belakangan. Bisnis kuliner jadi pilihan menjanjikan jika dikemas dengan konsep dan ide menarik. Fenomena munculnya pebisnis muda patut diperhitungkan karena tak sedikit yang sukses meraup omset fantastis dalam waktu singkat.

Semangat memulai usaha kuliner ini menularkan dan memotivasi banyak anak muda lainnya untuk turut mencicipi manisnya menjadi seorang pebisnis. Hadirnya GO-FOOD dinilai mempermudah siapapun membuka bisnis kuliner. Cukup dari dapur rumahan pun bisnis kuliner bisa dilakukan bersama GO-FOOD.

Selain bergabung jadi GO-FOOD Partners, tentunya dukungan melalui media sosial perlu dilakukan. Testimoni dari para konsumen menjadi nilai penting yang bisa menaikkan penjualan. Contoh beberapa anak muda yang menjalankan bisnis kuliner dan telah bergabung bersama GO-FOOD antara lain: Eatlah, Dapur MTW, Berrywell, Burgreens, Puyo.

Dapur MTW

Dapur MTW diprakarsai oleh anak muda. Berawal dari sebuah dapur rumah di bilangan Ampera, Jakarta Selatan Rangga dan Tiwuk memulai usaha kuliner pertama kalinya. Dengan menjadi partner GO-FOOD mereka berharap masakan olahannya bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Menu yang terkenal di Dapur MTW adalah lidah sapi cabe hijau dan balado dikemas secara praktis sehingga mudah disantap dimanapun.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

Dapur MTW telah bekerja sama selama 2 tahun dengan kontribusi yang telah dilakukan GO-FOOD dalam hal distribusi makanan. Awalnya Tiwuk dan Rangga mempekerjakan 3 orang ojek untuk menyediakan jasa antar hingga pada akhirnya sampai saat ini telah ada GO-FOOD dan sangat terbantu.

Ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah transaksi Dapur MTW di GO-FOOD selama setahun terakhir dikatakan mencapai 40 kali lipat. Selain itu kontribusi Dapur MTW terhadap Indonesia adalah menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang memang membutuhkan.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

Harapan mereka sebagai generasi muda di Indonesia adalah semoga anak muda masa kini aware bahwa mereka punya pilihan untuk berkreasi sebagai enterpreneurship. Dengan memberanikan diri seperti ini tentu bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri kita sendiri, dan juga orang lain.

Menurut mereka, tiga hal yang menggambarkan anak muda Indonesia saat ini adalah kreatif, teknologi, dan berani. Pesan Tiwuk dan Rangga untuk anak muda masa kini adalah meningkatkan kreatifitas kita dalam segala hal, terutama tetap dengan nilai nilai nasionalisme kita sebagaii bangsa Indonesia.

Burgreens

Burgreens adalah organic healthy fast food yaitu makanan sehat berbasis nabati yang sehat dan dikemas dengan konsep yang fun. Sehingga orang-orang yang belum makan sehat atau belum sadar sehat pun ingin mencoba.

Helga (26 thn) pemilik dan pendiri Burgreens ingin berkontribusi menyediakan makanan yang sehat, ramah lingkungan dan inclusive terhadap petani lokal, yang enak dan convenient untuk orang-orang kota, yang tidak peduli tentang isu petani dan lingkungan. Karena masyarakat masa kini tidak melihat langsung dampak yang terjadi dari konsumsi mereka terhadap makanan-makanan junk food dan semacamnya terhadap alam dan petani di Indonesia.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

GO-FOOD berkontribusi dalam bisnis Burgreens yaitu membuat produk Burgreens lebih mudah diakses. GO-FOOD bisa menjangkau orang-orang secara geografis yang tidak dekat dengan outlet kita. Terbukti 30% - 40% di beberapa outlet Burgreens berasal dari penjualan melalui GO-FOOD. Sebagai anak muda Indonesia, cita-cita Helga adalah menyehatkan bangsa Indonesia dan mempromosikan social entrepreneurship.

Agar generasi sekarang dan berikutnya bisa mempunyai kegiatan atau bisnis yang berdampak positif bagi lingkungan, bukan hanya sebagai ajang untuk melakukan sesuatu yang keren tapi memang sesuatu yang bermanfaat.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

Menurut Helga anak muda Indonesia zaman sekarang harus berjuang melawan isu-isu dalam hal lingkungan. Contohnya kita harus merdeka dari kemiskinan, merdeka dari ketidaksehatan, berjuang ketergantungan pangan terhadap negara luar, juga kerusakan lingkungan.

PUYO

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau PUYO, silky dessert yang melejit ini didirikan oleh anak muda. Menurut para pendiri PUYO, yang menggambarkan generasi muda saat ini adalah:

• Open minded: Kagum dengan pemikiran anak-anak muda Indonesia saat ini yang mempunyai keterbukaan pikiran untuk belajar menerima sesuatu hal yang baru.
• Hard working: Selain suka bermain, aku melihat bahwa anak-anak muda Indonesia sekarang juga pekerja keras yang sudah mempunyai penghasilan untuk diri mereka sendiri sejak usia muda.
• Passionate: Aku percaya akan passion. Passion anak-anak muda Indonesia akan hal yang mereka cintai membuat mereka menghasil banyak inovasi baru yang membantu Indonesia terus maju dan berkembang.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

"Aku ingin menjadi seseorang yang memberikan dampak positif untuk Indonesia dengan cara membangun pemikiran bahwa pemuda Indonesia perlu memiliki tujuan menjadi pembaruan bangsa yang kreatif, inovatif dan penuh semangat untuk mengembangkan diri dalam berbagai bidang," jelas Eugenie, salah seorang pendiri PUYO.

Diawali dengan rasa bangga menjadi anak muda Indonesia, bangga dapat menciptakan sebuah brand (PUYO Desserts) yang berkembang di Indonesia dan mendapat feedback positif dari masyarakat Indonesia. Dan, terus berusaha untuk ikut menyemangati generasi muda Indonesia dengan membangun komunitas untuk anak muda, serta membantu orang-orang di sekitar melalui campaign yang diadakan oleh Puyo Desserts.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

GO-FOOD telah membantu mengantarkan PUYO Desserts ke costumer, sehingga banyak orang yang terus merasakan kebahagiaan yang telah diberikan. "Kita berharap dapat berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan di Indonesia melalui GO-JEK. Selain itu aku berharap generasi muda dapat menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya ribuan pulau, ribuan bahasa dan beragam budaya. Berkontribusi untuk bangsa dapat dimulai dengan memiliki rasa cinta tanah air kita, Indonesia. Tanamkan rasa bangga akan Indonesia, lalu kejarlah mimpimu", pungkas Eugenie.

Eatlah

Eatlah, terkenal dengan salted egg chicken dengan kemasan ready to eat. "3 hal yang menggambarkan anak muda Indonesia di masa kini yaitu: kreatif, modern, dan berpikiran luas." Ungkap Charina salah satu pendiri Eatlah.

Aspirasi sebagai anak muda Indonesia dapat membanggakan indonesia dan membawa karya dan kreatifitas indonesia ke pasar internasional. Saat ini kontribusi yang telah dilakukan pelan-pelan ingin membangun Eatlah sebagai sebuah karya dari anak Indonesia, dengan harapan bisa menjadi merk makanan cepat saji yang bisa diterima bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

Dengan hadirnya GO-FOOD sangat membantu dan memberikan kontribusi besar untuk karya-karya anak bangsa agar terus maju. "Itu memotivasi kita sebagai pengusaha kecil untuk terus menjadi maju dan bermimpi lebih baik lagi agar merek kita bukan hanya dikenal di Jakarta atau Indonesia saja, tapi membawa nama sebuah merek Indonesia ke pasar internasional." Jelas Charina.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

Dimulai dari 1 outlet di bulan Juni 2016, kini Eatlah telah memiliki 7 outlet, dengan transaksi yang meningkat hingga ratusan kali lipat sejak awal didirikan. Pesan untuk anak muda Indonesia di masa kini jangan pernah takut dengan kegagalan. Terus berkarya dengan kemampuan yang dimiliki, seberapa kecil karyamu, itu merupakan kontribusi untuk bangsa ini.

Berrywell

Berrywell, didirikan oleh tiga pemuda Andre, Kevin, dan Dio. Mereka bersahabat dan memulai menjalankan bisnis bersama dan ternyata berhasil.

Menurut mereka, 3 hal yang menggambarkan anak muda Indonesia di masa kini, kreatif, adaptability, dan pantang menyerah. Menjadi orang sukses tidak harus langsung mencapai kesuksesan tinggi, menjadi orang yang sukses kalau memang hasil yang dibuat memiliki impact terhadap orang lain.
5 Anak Muda Inspiratif dengan Bisnis Kuliner Bersama GO-FOODFoto: Go Food

"Berrywell ingin to make people to be healthy, in a fun way. Dengan harapan bisa menjadi anak muda yang sukses dan berprestasi dan dapat menginspirasi generasi muda saat ini." jelas Andre salah satu pendiri Berrywell.

Berrywell telah menjadi F&B yang membawa kultur smoothie bowl walaupun sebelum Berrywell sebenarnya telah ada smoothie bowl yang lain. Tetapi ternyata mereka dilihat sebagai salah satu first mover. Dibalik itu, para pendiri Berrywell (Kevin, Dio dan Andre) adalah anak muda yang ambisius, mempunyai cita-cita yang bisa membuat sesuatu yang besar tapi juga mempunyai dampak positif untuk orang lain.

GO-FOOD sangat membantu banyak hal karena Berrywell tidak memiliki layanan delivery. Menjadi mitra GO-FOOD sangat membantu terutama dalam hal pengiriman dan juga meningkatkan penjualan. Tanpa GO-FOOD, Berrywell sendiri juga akan kesulitan bagi yang ingin mengakses ke outlet Berrywell. GO-FOOD juga memberikan wadah untuk bangsa ini untuk kreatif dalam berbisnis, merubah cara pikir dalam pengantaran makanan.

Pesan mereka untuk anak muda Indonesia harus berani memulai untuk berbuat sesuatu, kaarena kita tidak akan bisa merasakan dampaknya jika tidak mulai melakukannya. Tetap berjuang pantang menyerah, kreatif dalam menyelesaikan masalah. Jangan takut untuk gagal karena pelajaran terbaik dapat kita dapatkan dari kesalahan. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed