Terungkap! Rahasia Kode Digital di Film The Matrix Ternyata Resep Sushi

Terungkap! Rahasia Kode Digital di Film The Matrix Ternyata Resep Sushi

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Rabu, 25 Okt 2017 13:08 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Salah satu ciri khas yang ada di film The Matrix adalah kode-kode digital berwarna hijau yang mengalir dari atas ke bawah. Setelah sekian tahun berlalu, akhirnya kini terungkap rahasia di balik kode digital itu.

Kode tersebut, oleh sebagian orang disebut dengan Green Rain. Bagi Anda yang familiar dengan Jepang, pasti paham bila kode yang dimaksud berasal dari huruf Katakana.

Simon Whiteley, Production Designer dari film The Matrix yang sekaligus menjadi orang yang berada di balik pembuatan kode itu mengakui bahwa memang itu diambil dari huruf Jepang. Namun, hal yang paling mengejutkan bahwa huruf-huruf itu diadaptasi dari buku masak milik sang istri yang merupakan orang Jepang.

"Aku mau mengatakan kepada semua orang bahwa kode The Matrix dibuat dari resep sushi dalam Bahasa Jepang. Tanpa kode itu, tidak ada Matrix," ujar Whiteley, dikutip detikINET dari Kotaku, Rabu (25/10/2017).

Pernyataan dari Whiteley tadi memang cukup mengejutkan. Siapa sangka di balik kode film action itu terdapat sesuatu yang menggiurkan dan lezat.

Tak cuma di The Matrix, unsur Jepang juga dibawa Whiteley dalam proyek film terbarunya, yakni The Lego Ninjago. "Bangunan yang Anda lihat di Ninjago dua atau tiga kali lebih tinggi dari Jackie Chan," tuturnya. (mag/mag)