Kamis, 19 Okt 2017 17:22 WIB

Mantap! Lukisan 3D Jalanan Karya Remaja di Depok

Josina - detikInet
Foto: Dok. Muhammad Alam Foto: Dok. Muhammad Alam
Jakarta - Biasanya, jalanan di gang-gang perumahan hanya polos dengan aspal berwarna hitam. Namun di tangan sekelompok pemuda karang taruna asal Depok ini, jalanan bisa disulap dengan sebuah gambar lukisan 3D di atas aspal. Hasilnya pun super kreatif!

"Daripada polos saja mending jalanan itu kami buatkan gambar 3D" ujar Muhammad Alam Ketua Karang Taruna kepada detikINET melalui pesan di WhatsApp Kamis (19/10/2017).

Alam menceritakan, bermula ketika jalanan utama rumahnya yang baru saja diperbaiki yang lokasinya di Jalan. D. Tondano Raya RW 03, Depok Timur, Kecamatan Sukmajaya, Kelurahan Abadijaya. Ia bersama teman-temannya dengan ide kreatifnya langsung tercetus untuk mendandani jalanan tersebut.

Jalanan utama tersebut saat ini sudah dibubuhi tujuh lukisan 3D mulai dari gambar balok, tangga hingga karpet terbang. Untuk konsep gambar mereka terinsipirasi dari museum trick eye di Jogja, serta beberapa tempat yang ada 3D street art.

Keren! Lukisan 3D Jalanan Karya Anak DepokFoto: Dok. Muhammad Alam


Gambar pun mereka ambil dari internet lalu diaplikasikan di atas aspal. Diakui Alam, kesulitan menggambar 3D adalah menentukan titik prespektifnya atau titik pandang 3D.

"Kalau 3D dilihat mata langsung itu beda, makanya kita foto dulu lihat hasilnya jadi kita bisa nentuin titiknya," ujar Alam yang merupakan lulusan IISIP.

Untuk menentukan titik tersebut, mereka terlebih dulu menggambar sketsa di atas aspal dengan kapur kemudian memotretnya di ponsel. Dari ponsel tersebut bisa ditentukan titik pandangnya. Jika sudah dapat, barulah digambar dan diwarnai.



Untuk satu gambar mereka bisa menghabiskan waktu 6 jam atau bisa lebih cepat tergantung tingkat kesulitannya. Bahan yang mereka gunakan hanyalah cat tembok dan picmen (biang cat).

"Karena ini digambar di jalanan utama, kita ambil waktu malam hingga subuh, jadi tidak mengganggu warga berlalu-lalang. Jadi kadang kita lukis dari jam 9 malam sampai jam 3 pagi," tambah Alam yang juga merupakan driver transportasi online.

Karya mereka ini pun disambut positif oleh warga setempat dan juga banyak yang bukan warga di sana datang untuk melihat dan foto dengan hasil karya mereka.

Keren! Lukisan 3D Jalanan Karya Anak DepokFoto: Dok. Muhammad Alam


"Alhamdulillah warga menyambut baik, apalagi jalanan ini dekat dengan tempat biasa anak-anak kecil bermain jadi mereka bisa menikmati" tambah Alam.

"Lakukan hal-hal positif di mulai dari dalam lingkungan tempat tinggal dan jangan takut untuk mencoba berkreatifitas," pesan Alam untuk para pemuda Indonesia untuk terus berkreasi dalam hal positif. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed