Rabu, 18 Okt 2017 20:22 WIB

Pendiri Snapchat Kini Sekaya Presiden Donald Trump

Novi Christiastuti - detikInet
Foto: dok. Instagram Foto: dok. Instagram
Jakarta - CEO Snapchat Evan Spiegel masuk dalam daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes. Kekayaannya kini setara dengan Presiden AS Donald Trump.

Spiegel memiliki kekayaan sebesar USD 3,1 miliar atau setara Rp 41,2 triliun. Selain Trump dan Spiegel, ada 14 miliarder AS lainnya yang menempati posisi 248 dari 400.

Snapchat merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim pesan foto lewat smartphone. Aplikasi ini diciptakan Spiegel bersama teman kampusnya, Bobby Murphy (29), pada tahun 2011. Saat itu keduanya masih sama-sama kuliah di Stanford University.

Diketahui pada akhir tahun 2013, Spiegel menolak tawaran dari Facebook senilai USD 3 miliar untuk pembelian Snapchat. Pada Mei 2015, Snapchat mendapatkan modal baru sebesar USD 538 juta dan menjadikan nilai perusahaan ini USD 16 miliar.

Namun seperti dikutip detikINET dari Forbes, Rabu (18/10/2017), Spiegel yang beristrikan mantan model Victoria's Secret Miranda Kerr ini, mengalami naik-turun sepanjang tahun ini.

Miranda Kerr dan Evan SpiegelMiranda Kerr dan Evan Spiegel Foto: Dok. Instagram/mirandakerr.bigfan

Pada Maret 2017, ketika Snapchat mulai melantai ke bursa saham, harta kekayaan Spiegel dan Murphy sempat meningkat hingga USD 5,4 miliar.

Namun kemudian saham Snapchat jatuh nyaris 40 persen dari IPO pada akhir September. Hal ini disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan pengguna dan diluncurkannya fitur saingan Snapchat oleh Instagram yang dimiliki Facebook.


Juni lalu, Spiegel dan Murphy tercatat sebagai dua miliarder muda AS yang tidak memperolah kekayaan dari 'warisan' keluarganya. Kekayaan keduanya murni berasal dari Snapchat.


Sama seperti Spiegel, Murphy juga masuk daftar 400 orang terkaya di AS untuk tahun 2017. Dia juga menempati posisi 248, dengan jumlah kekayaan yang sama dengan Spiegel dan Trump.

Forbes mencatat, harta kekayaan Trump menurun sebanyak USD 600 juta (Rp 7,9 triliun) menjadi USD 3,1 miliar (Rp 41,2 triliun). Hasilnya, Trump merosot drastis dalam daftar, yakni turun ke posisi nomor 248 dari yang tadinya berada di nomor 156 pada tahun lalu.

"Pasar real estate di New York yang sulit, khususnya untuk lokasi-lokasi ritel; gugatan hukum yang memakan banyak uang dan kampanye pilpres yang mahal," tulis Forbes soal kemungkinan penyebab menurunnya kekayaan Trump.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, masih menempati peringkat teratas selama 24 tahun berturut-turut, dengan kekayaan USD 89 miliar (Rp 1.183 triliun).

Sedangkan pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos, berada di posisi kedua dengan kekayaan USD 81,5 miliar. Pengusaha ternama AS, Warren Buffett, berada di posisi ketiga dengan kekayaan USD 78 miliar.

Sementara pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, berada di posisi empat dengan kekayaan USD 71 miliar.
(rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed