Senin, 16 Okt 2017 13:15 WIB

Pantas Saja Bill Gates Orang Terkaya Dunia, Ini Rahasianya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Getty Images Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta - Tidak ada makan siang gratis, begitu kata pepatah. Kejayaan Bill Gates jadi orang terkaya dunia berkat Microsoft pun bukan ditempuh dengan cara mudah. Dia bekerja begitu kerasnya.

"Aku cukup fanatik soal kerja. Aku bekerja di akhir pekan, aku tidak suka liburan," sebut Bill dalam sebuah wawancara, yang dikutip detikINET dari Vanity Vair.

Menurut rekannya yang juga sesama pendiri Microsoft, Paul Allen, Gates suka bekerja sepanjang malam saat awal-awal berdirinya perusahaan. Sampai-sampai sekretarisnya pernah mengira dia pingsan. Etos kerjanya benar-benar luar biasa.

"Suatu ketika, sekretaris baru datang di Senin pagi dan melihat dia terkapar di lantai. Dia mengira kalau Bill tak sadarkan diri, namun weekend itu dia memang terjaga terus dan sedang tidur sebentar," kata Paul.

Bill pun berharap para karyawan Microsoft mencontoh kerja kerasnya. Maka, Bill penah menghapal plat nomor semua kendaraan pegawainya untuk tahu mana karyawan yang rajin dan mana yang tidak.

"Aku tahu nomor plat setiap orang sehingga aku bisa mengamati tempat parkir dan melihat kapan orang-orang datang dan kapan mereka pergi," kata Gates.

Beberapa karyawan Microsoft juga berkisah kalau Gates adalah bos yang kejam dan susah dipuaskan. "Dia sangat mengintimidasi, tidak sabaran dan suka membentak jika melihat sesuatu yang dianggapnya bodoh. Namun tetap para karyawan menghormatinya," sebut Candace Dempsey, mantan pegawai MSN di Microsoft.

Kelakuannya mulai berubah saat menikah dengan Melinda Gates di 1994. Gates menjadi sosok yang lebih lembut dan tidak lagi terlalu bekerja keras seperti masa mudanya. Lagipula Microsoft sudah meraksasa dan dia kemudian lebih fokus di urusan kemanusiaan.

Adalah orang tuanya yang mengajarkan Gates agar senang berbagi dengan sesama. "Mereka memberikan teladan yang sangat bagus agar kami terlibat dalam hal memberi," kata Gates mengenai sosok orang tuanya. (fyk/fyk)
Bill Gates. Foto: Getty Images
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: Facebook
Foto: (Instagram/@melindafrenchgates)
Foto: (Instagram/@melindafrenchgates)
Foto: Bill Gates dan istrinya saat main kayak (Instagram/@melindafrenchgates)
Foto: istimewa
Foto: Instagram
Foto: Getty Images
Foto: Instagram
Foto: Instagram
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed