Selasa, 10 Okt 2017 19:14 WIB

Tur Virtual ke Lokasi Bencana, Zuckerberg Malah Dikecam

Fino Yurio Kristo - detikInet
Avatar Zuck di Puerto Rico. Foto: istimewa Avatar Zuck di Puerto Rico. Foto: istimewa
Jakarta - Berkat kecanggihan teknologi virtual reality atau VR, CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg dapat berpindah-pindah tempat. Termasuk menyambangi area bencana topan badai di Puerto Rico. Tapi Zuck malah mendapat kecaman karenanya.

Zuckerberg mendemokan teknologi VR bernama Facebook Space. Berbekal headset Oculus Rift, Zuck dapat diwakili oleh avatar yang berwujud mirip dengannya. Ia dapat pula berbincang-bincang dengan avatar lain dan dapat berpindah-pindah tempat dengan seketika.

Nah, Zuck bersama Rachel Franklin, Head of Social VR Facebook, tampil secara virtual di wilayah Puerto Rico yang baru saja terkena bencana. Maksudnya mungkin agar orang-orang dapat merasakan secara langsung berada di tempat kejadian.

"Satu hal yang sungguh ajaib tentang virtual reality adalah kalian bisa mendapatkan feeling seperti benar-benar berada di suatu tempat," demikian salah satu pembicaraan Zuck yang dikutip detikINET dari CNBC.

"Gila merasakan seperti benar-benar berada di tengah tempat ini,"timpal Rachel.

Pamer teknologi virtual reality ini malah menjadi senjata makan tuan bagi Zuck. Banyak komentar mengkritiknya karena menilai Zuck memanfaatkan musibah untuk kepentingan perusahaannya.

"Apakah ini candaan? Orang-orang di Puerto Rico menderita dan kamu malah menggunakan tragedi itu untuk pertunjukan ini? Miliarder yang tak punya hati," tulis sebuah komentar.

"Dia tak bisa menyia-nyiakan tragedi semacam ini. Dia harus mempromosikan Facebook. Semua yang dikatakannya adalah soal Facebook ketimbang para korban dan penderitaan mereka," tulis yang lain.

Namun ada pula yang membela Zuck karena telah menunjukkan manfaat teknologi VR. Selain itu, Facebook juga telah menyumbang USD 15 juta untuk misi kemanusiaan di Puerto Rico. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed