BERITA TERBARU
Senin, 09 Okt 2017 12:48 WIB

Bukan Barang Mewah, Orang Terkaya Asia Suka Koleksi Garam

Adi Fida Rahman - detikInet
Jack Ma. Foto: Getty Images Jack Ma. Foto: Getty Images
Jakarta - Punya uang berlimpah pastilah bisa membeli barang mewah ataupun antik nan langka ketika bepergian ke luar negeri. Tapi bukan itu yang dicari orang terkaya di China dan Asia, Jack Ma.

Dalam buku biografi Jack Ma yang ditulis oleh Chen Wei, diungkap barang yang selalu dicari dan dibawa pulang pendiri Alibaba ketika bepergian ke luar negeri. Adapun barang yang maksud pastilah banyak yang tidak menduganya.

Wei sendiri berhasil mengungkap barang tersebut lantaran ia adalah sahabat sekaligus asisten pribadi Ma hingga saat ini. Sehingga ia pasti mengetahui persis kebiasaan unik bosnya itu.

Jadi barang yang selalu dicari ketika Ma ke luar negeri adalah garam lokal. Kata Wei membawa pulang garam dari seluruh dunia merupakan salah satu hobi besar Jack Ma.

Ma beralasan mengoleksi jam tangan bermerek tidak semenarik menumpulkan garam dari negara yang dikunjunginya. Dan saking gilanya terkadang ketika membicarakan sebuah negara, Ma langsung meminta disajikan garam dari negara tersebut.

"Sering kali saat kami makan di rumah Jack Ma dan tengah berbicara tentang sebuah negara, misalnya Rusia, Ma akan berseru gembira, 'Sajikan garam Rusianya," cerita Wei dalam bukunya.

Ketika garam di bawa ke atas meja, Ma akan mengambil sejumput garan dan mencicipinya. Lalu dia menyuruh yang hadir mencicipi juga dan meminta untuk membasuh tangan di dalam cawan yang berisi air yang sudah diberi garam tersebut.

Ma selalu mengatakan garam di setiap negara hanya sedikit bervariasi. Tapi tetap saja rasanya berbeda saat dicicipi.

"Mencicipi garam itu dan berbicara tentang negara asalnya memang membuat Anda merasa berbeda," kata Wei setuju dengan pendapat Ma.

Melihat kebiasan unik ini rasanya makin mengukuhkan julukan Jack Ma sebagai Si Gila. Karena memang kelakuannya yang kadang nyeleneh.

Tapi hal itu pula yang mengantarkan dia meraih kesuksesan saat ini dengan membesarkan Alibaba jadi raksasa e commerce. Ma menjadi manusia terkaya di Asia dengan jumlah harta sebanyak Rp 522 triliun. (fyk/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed