Senin, 09 Okt 2017 08:40 WIB

IQ Kecerdasan Buatan Google Dekati Anak Usia 6 Tahun

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Google Assistant. Foto: istimewa Google Assistant. Foto: istimewa
Jakarta - Perang untuk menciptakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin memanas. Bahkan, kecerdasan buatan yang dimiliki oleh Google hampir menyamai IQ anak kecil.

Ya, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Cornell University, New York, Amerika Serikat, terungkap bahwa kecerdasan buatan Google memiliki ranking paling tinggi di antara kompetitor. Menurut peneliti Feng Liu, Yong Shi dan Ying Liu, kecerdasan buatan Google punya skor IQ mencapai 47,28.

Hasil ini berdasarkan sebuah pengujian yang dilakukan sejak tahun 2016. Skor yang ditorehkan itu membuat kecerdasan buatan Google mendekati IQ seorang anak kecil berusia enam tahun yang meraih skor 55,5.

Sementara itu bila dibandingkan dengan kompetitor, Siri, yang merupakan asisten digital milik Apple, hanya menorehkan skor 23,9. Sedangkan Bing dari Microsoft punya skor di atas Siri, yakni 31,98 dan 32,92 untuk kecerdasan buatan Baidu, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (9/10/2017).

"Hasilnya sejauh ini mengindikasikan bahwa kecerdasan buatan Google, Baidu dan lainnya telah berkembang signifikan dalam dua tahun terakhir namun masih lebih pintar anak usia 6 tahun," tulis para peneliti itu.

Terlepas dari itu, ada kabar baik bahwasanya kecerdasan buatan Google tak lebih dari IQ anak umur enam tahun. Sebab, ada segelintir pengamat dari industri teknologi yang menyebut jika suatu kecerdasan buatan sudah melebihi anak umur enam tahun, maka ia bisa berbahaya. (mag/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed