Rabu, 27 Sep 2017 15:22 WIB

Cerita di Balik Foto Selfie Ronaldo Jadi Karyawan Indomaret

Josina - detikInet
Foto: Dok. Indra Hakim Foto: Dok. Indra Hakim
Jakarta - Dunia sosial media, khususnya Facebook dan Instagram, dibuat ramai dengan beredarnya foto-foto editan yang kocak. Mulai dari Cristiano Ronaldo jadi kasir Indomaret, rapper Kanye West jadi tukang sate hingga penyanyi Bruno Mars jadi tukang becak.

Foto editan itu ternyata ulah seorang pria bernama Indra Nul Hakim asal Jakarta. Ia tak menyangka bahwa hasil fotonya yang bermula dari keisengan, ternyata mendapatkan respons positif bahkan menjadi viral di internet.

Followernya pun bertambah banyak, hingga ribuan.

Kisah Dibalik Editan Foto Kocak Ketika Ronaldo Berseragam KasirFoto: Dok. Indra Hakim


"Bingung kok bisa padahal awalnya followers cuma 600-an. Ini cuma iseng-iseng saja, karena gak bakat selfie jadi pakai foto seleb saja," ujarnya saat berikirim pesan dengan detikINET, Rabu (27/9/2017).

Diceritakan Indra, beragam profesi di Indonesia seperti tukang becak, tukang sate, tukang bengkel, menjadi inspirasi dia untuk dijadikan bahan editan fotonya, yang kemudian ia tambahkan dengan wajah artis ternama dari luar negeri.

Kisah Dibalik Editan Foto Kocak Ketika Ronaldo Berseragam KasirFoto: Dok. Indra Hakim


"Saya melihat di Indonesia ini banyak yang memandang rendah profesi kalangan bawah. Makanya, awalnya saya buat artis luar negeri alih profesi menjadi profesi yang ada di Indonesia," ujar lulusan Desain Komunikasi Visual ini.

Sejak duduk di bangku SMA, tahun 2004 silam, ia sudah mulai belajar edit foto secara otodidak. Indra mengatakan, editan foto tersebut hanya menggunakan aplikasi software Adobe Photoshop. Lalu bahan fotonya ia ambil sembarang dari Google.

Diakui Indra, hal tersulit membuat editan foto seperti ini adalah bagaimana menyesuaikan angle, warna, dan idenya, untuk jadi satu foto. Untuk mengedit satu foto, waktu yang dibutuhkan olehnya tidak tentu. Tergantung tingkat kesulitannya.

"Nggak tentu, ada yang berjam-jam, ada yang tidak sampai sejam, ada juga yang sampai berhari-hari," tambahnya yang saat ini bekerja sebagai Senior Graphic Designer (web).

Indra pun berbagi tips bagi pemula yang ingin belajar Photosop. Ia mengibaratkan Photoshop itu bagai sebagai sebuah game yang jika dimainkan pasti lebih menyenangkan.

"Anggap saja Photoshop itu game. Edit foto itu sebagai misinya. karena kita anggap itu game pasti lebih menyenangkan untuk dimainkan. Intinya sering main Photoshop, jangan takut dikomentarin. Saya banyak belajar dari komentar orang, jadi saya tahu di mana kesalahan saya," pungkasnya.

(jsn/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed