Rabu, 20 Sep 2017 17:15 WIB

PiBo, Toko Buku Anak-anak Online Pertama di Indonesia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Launching aplikasi PiBo (Agnes/detikHOT) Foto: Launching aplikasi PiBo (Agnes/detikHOT)
Jakarta - Setelah dirintis selama setahun terakhir, PiBo, platform toko buku anak-anak online pertama di Indonesia, resmi diluncurkan hari ini. Peluncuran dihadiri oleh Mayumi Haryoto (Founder PiBo), Aisha Habir (Co-Founder PiBo), Sri Murwati Habir (Pendiri Taman Bermain Kepompong), serta penulis buku anak-anak yaitu Sofie Dewayani dan Andini Kusumawardhani.

Acara ini juga dihadiri penulis buku anak, ilustrator, penerbit, hingga penggiat bidang pendidikan dan anak-anak. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk memperkenalkan PiBo, namun juga terdapat beberapa media eksebisi yang menampilkan produk-produk dari PiBo.

Terdapat sebuah ruang yang memamerkan buku-buku fisik yang diterbitkan PiBo. Tempat tersebut dilengkapi informasi kategori-kategori buku yang terbagi dalam beberapa kategori umur, yaitu 2-3 tahu, 3-4 tahu, serta 4-5 tahun. Selain itu, juga terdapat informasi yang memuat pentingya buku cerita bergambar sebagai sarana anak-anak untuk belajar.

Kemudian, terdapat Digital Corner yang menyediakan berbagai perangkat, mulai dari PC hingga smartphone, untuk menampilkan website dan aplikasi milik PiBo. Disini, dapat dicoba kemudahan dalam menggunakan platform tersebut yang user friendly di berbagai perangkat.

Mayumi Haryoto mengatakan, PiBo mengedepankan tiga unsur, yaitu keamanan konten, koleksi yang menarik, serta akses yang mudah. "Dalam mewujudkan hal tersebut, kami telah berkolaborasi dengan sejumlah penulis, penerbit, dan ilustrator untuk menciptakan koleksi buku anak yang disesuaikan terhadap minat dan umur anak tersebut," ujar Mayumi.
Foto: Muhamad Imron Rosyadi

Selain itu, ia juga mengatakan PiBo menjamin keamanan tulisan dari para penulis yang ingin mengirimkan karya. "Kami memiliki tiga lapis keamanan, yaitu password file yang dipilih secara acak oleh sistem, yang kemudian akan dienkripsi dan ditempatkan di folder yang tersembunyi," kata Mayumi menjelaskan.

Koleksi buku akan tersedia dalam dua platform PiBo, yaitu website yang berguna untuk tempat membeli buku serta aplikasi sebagai fasilitas untuk membacanya. "Mengingat anak-anak sekarang sudah tidak asing dengan gadget, kami ingin memberikan sebuah konten bermanfaat yang dapat diakses dengan mudah sehingga memberi ketenangan bagi para orang tua," tukas Aisha Habir.

Kedepannya, PiBo akan mengembangkan fitur baru untuk orang tua dan anak-anak yang menggunakannya. Pertama, Library Subscription yang memungkinkan orang tua berlangganan tiap bulan. Kedua, Multiple Profiles bagi orang tua untuk membuat akun berbeda bagi tiap anak sesuai minat dan umur. Ketiga, Track Progress yang memberi reward khusus bagi anak setelah mereka membaca buku dalam jumlah tertentu.

Terakhir, Audio Books sebagai sebuah fitur yang dapat membuat koleksi buku-buku PiBo mengeluarkan suara. "Fitur ini mampu memberikan kemudahan bagi para orang tua yang ingin menceritakan isi buku bagi anak-anaknya," klaim Aisha. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed