Selasa, 19 Sep 2017 14:40 WIB

Kode QR Sekarang Bisa Dipakai Buat Bayar

Yudhianto - detikInet
Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta - Pembayaran berbasis online sekarang makin berkembang saja. Bahkan kini bisa dilakukan hanya dengan memindai kode QR.

Adalah Dimo, perusahaan yang coba menyodorkan kemudahan tersebut. Dimo meluncurkan sebuah platform pembayaran bertajuk PaybyQR, yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran apapun hanya dengan memindai kode QR.

Tapi PaybyQR tidak bersifat standalone, melainkan tergabung dalam layanan yang menjalin kerjasama dengannya. PaybyQR sejauh ini telah menjalin dengan 15 penyedia layanan dengan total 27 produk, seperti PayPro, DOKU, Uangku, dan lain-lain.

Bisa dibilang PaybyQR merupakan alternatif pembayaran bagi penggguna layanan uang elektronik tersebut. Ketika melakukan pembayaran, pengguna bisa memilih metode PaybyQR dari dalam aplikasi uang elektronik yang digunakan.

Namun untuk menggunakan, sebelumnya pastikan merchant yang dikunjungi telah mendukung PaybyQR. Salah satu yang telah memanfaatkan teknologi ini adalah restoran cepat saji McDonalds. Jadi apapun layanan uang elektronik yang dipakai, bisa dipakai melakukan pembayaran asalkan mendukung PaybyQR.

"Kolaborasi kami dengan McDonalds akan memberikan kemudahan bagi tiap pelanggan ketika melakukan pembayaran non tunai di seluruh gerai McDonald's. Cukup dengan memindai kode QR di struk pembelanjaan menggunakan aplikasi e-wallet dan mobile banking yang telah bekerjasama," ujar Mario Gow, CEO Dimo Pay Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Lebih lanjut, Mario menambahkan kalau platform PaybyQR juga menjadi bukti dukungan terhadap kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang tengah digalakkan oleh Pemerintah sejak tahun 2014 lalu, yang dimulai oleh sistem cashless di TransJakarta.

"Kami berharap dapat mengakselerasi pertumbuhan transaksi non tunai guna menuju cashless society di Indonesia," pungkasnya. (yud/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed