Selasa, 19 Sep 2017 14:40 WIB

Kode QR Sekarang Bisa Dipakai Buat Bayar

Yudhianto - detikInet
Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta - Pembayaran berbasis online sekarang makin berkembang saja. Bahkan kini bisa dilakukan hanya dengan memindai kode QR.

Adalah Dimo, perusahaan yang coba menyodorkan kemudahan tersebut. Dimo meluncurkan sebuah platform pembayaran bertajuk PaybyQR, yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran apapun hanya dengan memindai kode QR.

Tapi PaybyQR tidak bersifat standalone, melainkan tergabung dalam layanan yang menjalin kerjasama dengannya. PaybyQR sejauh ini telah menjalin dengan 15 penyedia layanan dengan total 27 produk, seperti PayPro, DOKU, Uangku, dan lain-lain.

Bisa dibilang PaybyQR merupakan alternatif pembayaran bagi penggguna layanan uang elektronik tersebut. Ketika melakukan pembayaran, pengguna bisa memilih metode PaybyQR dari dalam aplikasi uang elektronik yang digunakan.

Namun untuk menggunakan, sebelumnya pastikan merchant yang dikunjungi telah mendukung PaybyQR. Salah satu yang telah memanfaatkan teknologi ini adalah restoran cepat saji McDonalds. Jadi apapun layanan uang elektronik yang dipakai, bisa dipakai melakukan pembayaran asalkan mendukung PaybyQR.

"Kolaborasi kami dengan McDonalds akan memberikan kemudahan bagi tiap pelanggan ketika melakukan pembayaran non tunai di seluruh gerai McDonald's. Cukup dengan memindai kode QR di struk pembelanjaan menggunakan aplikasi e-wallet dan mobile banking yang telah bekerjasama," ujar Mario Gow, CEO Dimo Pay Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Lebih lanjut, Mario menambahkan kalau platform PaybyQR juga menjadi bukti dukungan terhadap kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang tengah digalakkan oleh Pemerintah sejak tahun 2014 lalu, yang dimulai oleh sistem cashless di TransJakarta.

"Kami berharap dapat mengakselerasi pertumbuhan transaksi non tunai guna menuju cashless society di Indonesia," pungkasnya. (yud/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..