Selasa, 19 Sep 2017 12:05 WIB

Demi Mobil Otonom, Intel Duet Bareng Google

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Intel Foto: Dok. Intel
Jakarta - Intel berkolaborasi dengan Waymo untuk mengembangkan mobil otonom. Peran Intel dalam kerja sama ini adalah menyediakan 'otak' yang dibutuhkan untuk mobil otonom Level 4 dan 5.

Waymo adalah unit mobil otonom Alphabet -- induk usaha Google -- yang saat ini menggunakan minivan Chrysler Pacifica yang beroperasi di jalanan publik di Arizona dan California, Amerika Serikat, dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (19/9/2017).

Minivan otonom itu memang sudah menggunakan teknologi buatan Intel untuk bermacam hal, dari konektivitas sampai pemrosesan data yang ditangkap oleh sensornya. Namun dengan kerja sama tersebut, mereka berharap nantinya bisa memproduksi kendaraan yang bisa dikendalikan dalam keadaan apapun tanpa bantuan manusia.

"Dengan kecepatan pengembangan mobil otonom saat ini, saya berharap kalau anaknya anakku tak perlu lagi mengemudikan mobil," ujar CEO Intel Brian Krzanich, dalam pernyataan resmi Intel.

Waymo sebelumnya tengah berusaha untuk membangun sendiri semua sensor dan teknologi komputer yang dipakai di mobil otonomnya. Namun kini mereka memilih untuk menggandeng Intel dalam mengintegrasikan prosesor mereka ke dalam platform tersebut.

Intel sebelumnya juga sudah mengakuisisi sebuah perusahaan auto visual Mobileye asal Israel senilai USD 15,3 miliar. Mereka pun berencana membuat 100 mobil otonom Level 4 untuk pengujian yang akan disebar di Amerika Serikat, Israel dan Eropa. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed