Girlband China Ini Malah Tenar Setelah Di-bully Habis-habisan

Girlband China Ini Malah Tenar Setelah Di-bully Habis-habisan

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Senin, 18 Sep 2017 15:10 WIB
Foto: screenshot YouTube
Jakarta - Biasanya, girlband selalu identik dengan kumpulan wanita-wanita cantik yang bernyanyi bersama dalam sebuah grup. Itu biasanya. Lain lagi dengan girlband asal China berikut ini yang pada akhirnya malah jadi korban cyber-bullying.

Girlband yang dimaksud adalah Sunshine. Girlband yang beranggotakan lima pelajar SMA ini terbentuk di kota Bozhou, sebuah kota yang berjarak kurang lebih 750 kilometer dari Beijing, China.

Berawal dari teman satu kelas di sekolah, lima gadis remaja yang terdiri dari Abby, Cheryl, Cindy, Dora dan Nancy ini memutuskan untuk merekam video musik dan mengikuti kompetisi dengan hadiah smartphone. Kelimanya menggunakan nama panggung untuk menghindari keterlibatan keluarga masing-masing.

Setelah rampung proses syuting sana-sini, video pun diunggah di situs media sosial asal China, yakni Weibo. Tak disangka, video mereka menjadi viral dan mendapat jumlah penonton yang meningkat drastis.

Foto: screenshot YouTube

Namun, viral yang dimaksud mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi kelima gadis ini. Sebab, kebanyakan dari netizen China malah mengomentari tampilan kelima gadis ini yang memang bisa dibilang jauh dari kata cantik.

Bahkan, ada yang sampai mencemooh mereka sebagai girlband paling jelek di China yang pernah mereka lihat. Saking viralnya video, salah satu video live stream ditonton sampai 700.000 view dan mendapat lebih dari lima juta like.

Saking viralnya, Sunshine akhirnya mendapat tawaran dari sebuah perusahaan rekaman bernama Xin Nian Music. Cewek-cewek ini menggunakan publisitas negatif untuk menjadikan mereka sebagai sensasi di internet.

"Sebenarnya, aku tidak berpikir aku jelek. Jika Anda berpikir kami jelek, jangan lihat kami," ujar salah seorang personol Abby, seperti dikutip detikINET dari Rocket News 24, Senin (18/9/2017).

Sunshine berusaha untuk memberikan pembelaan dengan menyebut bahwa mereka tidak melakukan operasi plastik. Karena seperti diketahui, operasi plastik sudah menjadi hal yang wajar dalam industri girlband, terutama di Korea Selatan.


"Apa yang membuat kami berbeda dari girlband yang lain adalah kami muda dan murni. Kami tidak melakukan operasi plastik untuk membuat kami menjadi cantik. Ini adalah tampilan otentik dari anak sekolah di China," ucap Cheryl. (mag/rou)