Minggu, 10 Sep 2017 11:45 WIB

Robot Anjing Ini Bisa Endus Bau Kaki Tak Sedap

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Perkembangan teknologi robot semakin menarik untuk diikuti. Sebuah perusahaan di Jepang ini misalnya, telah menciptakan robot anjing untuk mengidentifikasi bau kaki manusia.

Robot bernama Hana ini diciptakan oleh NextTechnology yang bermarkas di Kyushu, Jepang. Dalam menciptakan robot Hana, yang berarti hidung dalam bahasa Jepang ini, NextTechnology bekerjasama dengan National Institute of Technology Kitakyushu College (NITkit).

Robot Hana dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi aroma. Tidak hanya aroma yang dikeluarkan dari kaki, Hana juga bisa mengendus aroma yang dikeluarkan dari mulut manusia.

Dalam mengendus aroma kaki dan mulut, Hana akan memberikan tiga reaksi yang lucu. Pertama, bila kaki Anda wangi maka Hana akan berjoget-joget senang. Kedua, bila kaki Anda sedikit bau, maka Hana akan menggonggong. Nah, bila kaki Anda sangat bau, maka Hana akan jatuh pingsan.



Sistem di Hana ini dikalibrasikan dengan menggunakan kaki yang memakai kaus kaki yang sama selama dua hari berturut-turut sebagai patokan aroma yang tidak sedap, demikian dikutip detikINET dari Rocket News 24, Minggu (10/9/2017).

Robot Hana sudah dipresentasikan di depan Walikota Kitakyushu, Kenji Kitahashi. Rencananya robot ini akan dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni mulai dari USD 930 sampai USD 1,860 atau Rp 12,2 juta sampai Rp 24 juta.

(mag/afr)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed