Jumat, 08 Sep 2017 16:50 WIB

Pemotretan Sampul Majalah Time Andalkan iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Time Foto: Time
Jakarta - Kemampuan kamera iPhone memang tidak diragukan lagi. Sejumlah fotografer bahkan menggunakan ponsel ini untuk pemotretan sampul majalah.

Salah satunya adalah Luisa Dorr. Dia adalah fotografer majalah Time.

Beberapa waktu lalu Dorr ditugaskan membuat foto potrait 46 wanita yang berpengaruh, seperti Oprah Winfrey, Hillary Clinton dan Selena Gomez. Sebanyak 12 foto dari pemotretan tersebut akan digunakan untuk sampul majalah.

Alih-alih menggunakan kamera profesional, Dorr hanya membekali dirinya dengan iPhone.

Pemotretan Sampul Majalah Time Andalkan iPhoneFoto: Time


Wanita berdarah Brasil ini mengaku sudah sejak lama menggunakan ponsel besutan Apple ini untuk peralatan tempurnya.

Pertama kali menggunakan iPhone pada 2012. Awalnya dijadikan peralatan pendukung saat pemotretan. Tapi makin kesini malah kebalik, kamera profesionalnya dijadikan pelengkap iPhone.

"Aku bisa membuat gambar bagus kapan dan di manapun, tanpa stres membawa tas penuh dengan lensa, kartu memori dan baterai," ujarnya dalam sesi interview dengan LightBox -kanal features fotografi Times-.

"Aku merasakan sangat bebas dan ringan. Ini seperti aku dapat menciptakan gambar dengan tanganku. Tidak ada gadget dan perangkat lainnya, hanya subjek foto dan aku sendiri," imbuhnya.

Pemotretan Sampul Majalah Time Andalkan iPhoneFoto: Time


Kembali ke proyek pemotretan 46 wanita berpengaruh, Dorr menggunakan empat model iPhone. Pertama menggunakan iPhone 5. Lalu ia mengganti dengan iPhone 6 dan iPhone 6S Plus. Terakhir menggunakan iPhone 7 untuk memotret 36 subjek.

Karena menggunakan ponsel, proses pemotretan pun tidak berlangsung lama. Durasi pemotretan tiap subjek hanya memakan waktu 2 - 20 menit.

Untuk membantu pemotretannya, Dorr hanya menggunakan bantuan reflektor. Tapi di beberapa kondisi memang tidak bisa diatasi dengan peralatan tersebut. Maka, Dorr mengaktifkan fitur HDR untuk mendapatkan rentang cahaya dan detail yang lebih besar. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed