Kamis, 07 Sep 2017 11:19 WIB

Bot Facebook Dilatih Tiru Wajah Manusia

Josina - detikInet
Foto: Facebook Foto: Facebook
Jakarta - Beberapa bulan lalu, Facebook telah melatih bot miliknya agar dapat bercakap-cakap dan bernegosiasi dengan manusia. Kini bot tersebut akan dilatih lebih pintar lagi untuk bisa mengenali dan meniru beragam ekspresi manusia.

Untuk mendapatkan ekspresi manusia, para peneliti menggunakan serangkaian video dari YouTube yang menayangkan bagaimana orang-orang melakukan percakapan melalui video call (panggilan video). Kemudian data dari video tersebut dipakai sebagai bahan pelatihan atau pengujian pada sistem artificial intelligence (AI).

Bot Facebook Bisa Tiru Wajah ManusiaFoto: Facebook


Nah, data tersebut diolah menjadi sebuah pola wajah yang akan dimonitor oleh sebuah sistem AI. Meskipun data wajah tiap manusia tersebut berbeda-beda, sistem ini dilatih dapat mengenali ciri khas emosional manusia seperti raut wajah bahagia atau sedih yang biasa disebut juga pola ekspresi mikro.

Dikutip detikINET dari mashable Kamis (07/09/2017) Dengan mempelajari pola-pola tersebut, sistem akan mampu memprediksi ekspresi mana yang tampak lebih menyerupai manusia. Setelah itu peneliti akan mengumpulkan beberapa orang untuk menilai apakah ekspresi dari bot ini bisa dipercaya.

Penelitian ini masih dalam masa-masa awal untuk saat ini dan belum jelas akan dipakai untuk tujuan apa. Bisa jadi akan diimplementasikan dalam teknologi virtual reality di mana pengguna dapat berinteraksi dengan avatar yang dibekali kecerdasan buatan. (jsn/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed